Wednesday, December 2, 2020

Tujuan hidup manusia

manusia diciptakan untuk beribadah kepada Tuhan
oleh: Grefer E. D. Pollo, S.P., M.Pd


Manusia diciptakan bukan untuk manusia, bukan untuk teknologi, bukan untuk dunia, bukan untuk materi. Manusia diciptakan untuk melayani, beribadah, memuliakan, dan menyembah Tuhan. 


Penyembahan manusia kepada Tuhan secara vertikal dan horisontal laksana sebuah tanda salib. Vertikal langsung tertuju kepada Allah dan horisontal melalui manusia. Karena itu, Tuhan mengaruniakan kepada manusia karisma dan karakter. 


Karisma dibutuhkan manusia untuk menaklukkan dunia bagi Allah. Karakter diperlukan manusia bagi pelayanan kepada sesama.
 
Untuk maksud itu, manusia diperlengkapi dengan karunia, kreativitas, dan talenta serta berbagai kemampuan. 

Manusia sanggup melakukan hal-hal yang luar biasa karena Tuhan yang sudah menciptakan manusia dan yang harus disembah dan dilayani oleh manusia itu mahakuasa dan sempurna. Fokus kehidupan manusia tertuju kepada Allah. 


fokushidup manusia kepada Allah



Karena dia berasal dari sana dan akan kembali ke sana. Karena itu, manusia tidak diciptakan untuk menentukan tujuan hidupnya sendiri sekalipun dia memiliki kehendak bebas, memuaskan dirinya sendiri, mengumpulkan segala sesuatu untuk dirinya sendiri, dan sebagainya. 

Tetapi manusia memiliki tujuan hidup dari Allah. 


<span>Photo by <a href="https://unsplash.com/@kellydee?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Kelly Miller</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/chair?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Unsplash</a></span>



Jika Anda adalah seorang pengrajin kursi maka Anda tahu betul bahwa kursi yang Anda buat tidak punya tujuan sendiri. Setelah kursi itu Anda buat, dia tidak akan langsung berjalan dan mencari tempat untuk diletakkan. Andalah yang menentukan di mana kursi itu akan diletakan. 

Demikian juga manusia yang adalah ciptaan Allah. 

 

 

 

5 comments:

  1. Amin! Sangat tepat utk mengingatkan manusia modern yg mulai tanpa sadar memilih utk "keluar" dari kehendak Sang Khalik.

    Selamat berkarya p Ged. Maju terus. Jadilah sesuai yg Tuhan ingini. Tuhan Memberkati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Puji Tuhan! pak Onet. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati

      Delete