Friday, June 2, 2023

, ,

Pengaruh Alam Bawah Sadar

ged pollo

oleh: grefer pollo



Berbicara mengenai pengaruh alam bawah sadar mengarah kepada kekuatan dan pengaruh pikiran dan keyakinan yang ada di luar kesadaran kita yang mempengaruhi perilaku, emosi, dan keputusan kita.


Alam bawah sadar merupakan bagian dari pikiran yang tidak terlihat secara langsung, tetapi memiliki kekuatan yang sangat kuat dalam membentuk kehidupan kita.


Beberapa pengaruh alam bawah sadar dalam hidup sehari-hari seperti:

    a. Perilaku dan kebiasaan. Contohnya saat seseorang melakukan secara otomatis menggosok gigi, mengemudi, atau mengetik

    b. Pengambilan keputusan. Biasanya dalam hal ini "intuisi" yang kuat atau perasaan yang mendalam tentang apa yang seharusnya kita lakukan akan sangat berperan

    c. Emosi dan reaksi emosional

    d. Daya tarik dan manifestasi


  Alam bawah sadar mempengaruhi banyak aspek dalam diri manusia. 

 Misalnya, kepercayaan, pikiran, berpotensi menyebabkan sejumlah masalah seperti:

      ·  Marah,

      ·  Berprasangka,

      ·  Perilaku kompulsif,

      ·  Interaksi sosial yang sulit,

      ·  Masalah dalam hubungan.


   Hal-hal lain juga muncul dalam alam bawah sadar, sebut saja insting hidup dan mati, naluri seksual, pikiran tentang agresi, trauma, dan bahaya.


Sebuah studi yang meneliti apakah konsumen membuat pilihan terbaik berdasarkan pada pemikiran aktif atau tidak dikejutkan dengan fakta bahwa mereka (konsumen)  ternyata membuat pilihan lebih baik ketika tidak berpikir.

Atas dasar ini, peneliti-peneliti itu berpendapat bahwasanya sistem kognitif bekerja keras karena pemrosesan pemikiran bawah sadar lebih tak terbatas dari pada pemikiran sadar

Kondisi ini membuat para konsumen membuat keputusan di atas.

Di sisi lain, proses bawah sadar, misalnya intuisi, berfungsi dan bekerja otomatis dan mensintesis berbagai informasi kompleks

Hal ini memberi keuntungan lebih dibandingkan berpikir secara sadar.

Dalam hal mengambil keputusan, tentu saja banyak hal yang mempengaruhi, seperti suasana emosi, suasana hati, kelelahan, kelaparan, stres, dan keyakinan yang dipegang.

Belum ada kesepakatan yang mengenai berapa persentase pengaruh alam bawah sadar dalam kehidupan kita. 

Ada sejumlah ahli yang berpendapat bahwa alam bawah sadar dapat mempengaruhi hingga 95% dari pikiran, emosi, dan tindakan kita, sedangkan ahli lainnya berkata lebih rendah, sekitar 50-60%.

Pengaruh alam bawah sadar dapat bervariasi antara individu. 

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat pengaruh alam bawah sadar termasuk tingkat kesadaran diri, kepekaan terhadap pikiran dan keyakinan yang tertanam, serta kemampuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku.

 

Bukti ilmiah yang cukup kuat mengatakan bahwa manusia mengambil keputusan lebih dipengaruhi oleh pemikiran sadar dari pada bawah sadar. 

Meski demikian atau apapun itu tentunya semua keputusan yang harus dibuat alasannya beragam. 

Atau, tidak mungkin kitamengambil keputusan hanya mengandalkan pikiran bawah sadar semata.

Alam bawah sadar bukanlah kekuatan yang dapat kita kendalikan dengan mudah. 

Tetapi, ini bukan berarti tidak bisa dikelola. Melalui kesadaran diri, latihan mental, dan pengembangan pikiran positif, kita dapat mempengaruhi dan mengubah pola pikir alam bawah sadar kita untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

   

      




 

0 comments:

Post a Comment