Menulis: Menggali Potensi,
Meninggalkan Arti
1. Judul resensi:
Menulis: Menggali Potensi, Meninggalkan Arti
2. Jati
diri buku:
Judul : “Menulislah Setiap Hari dan
Buktikan Apa yang Terjadi”
Penulis : Wijaya
Kusumah
Penerbit : PT. Indeks
Jakarta
Halaman : 290
halaman
Cetakan : 1 tahun 2012
ISBN : 9 7 9 - 0 6 2 - 3 3 9 – 9
Buku ini menarik unutk dibaca karena bersifat ringan
dan mudah dipahami. Isinya menyangkut kegiatan sehari-hari penulis yang sangat
berkaitan dengan aktivitas menulis dan menjadi seorang penulis.
3. Kelebihan
a)
Sekapur sirih oleh
rekan sejawat yang sudah mengenal penulis sehingga isi sekapur sirih memberi
kesan hidup dan mengena
b)
Desain interior buku
menarik dan memberi minat untuk membaca
c)
Judul yang dibahas di
tiap bab menarik karena menrupakan pengalaman nyata sehari-hari
d)
Halaman awal langusng
dimulai dengan menceritakan proses bagaiaman penulis membiasakan diri untuk
menulis
e)
Halaman 2 penulisan
mengukapkan hal penting dari menulis yakni membaca. Tidak ada penulis yang
tidak suka membaca. Menulis setiap hari dan tulisan yangbaik tidak langsung
jadi. Menulis harus dengan hati
f)
Halaman 6 buku offline
tetap dibutuhkan meski sekarang sudah banyak buku digital. Sering orang membaca
buku dan mengantuk karena tidak foikus degan paa yang dibaca
g)
Halaman 7 Menurut Tony
Buzan, penemu teknik Mind Map, membaca adalah menyerap 100% informasi yang
dibutuhkan, dan bukan membaca 100% seluruh informasi yang disampaikan oleh para
penulis buku.
h)
Halaman 15 Cara paling
mudah membuat buku adalah melakukan kegiatan tulis-menulis setiap hari.
i)
Halmaan 22 Tips cara
menulis efektif yang biasa saya lakukan sebagai seorang blogger adalah sebagai
berikut. 1. Tuliskan saja apa yang ada di depan mata. 2. Tentukan tujuan untuk
apa Anda menulis. 3. Siapa yang Anda tuju untuk pembaca tulisan itu? 4. Pesan
apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca? 5. Biarkan jari jemari Anda
menari menyelesaikan irama nada dalam otak Anda. 6. Simpan dulu, jangan
langsung di-posting. Berpikirlah sebelum mem-posting. 7. Buka kembali tulisan
Anda, baca kembali perlahan-lahan. 8. Tambahkan beberapa kata atau kalimat
efekif yang membuat pesan Anda sampai. 9. Simpan kembali, dan jangan dulu
di-publish. Cek kembali apakah pesan Anda sudah sampai ke pembaca, 10. Buka
kembali, dan baca dengan hati-hati sekali lagi tulisan Anda, jika sudah yakin,
maka klik posting atau publish.
j)
Halaman 31-33 sebuah
ajakan baik untuk menulis sebelum tidur
k)
Halmaan 4: Menulis
kreatif jelas berbeda dengan menulis efektif. Menulis kreatif dihasilkan dari
sesuatu yang baru dan inovatif. Sedangkan menulis efektif adalah menulis yang
singkat, padat, jelas, dan tidak memboroskan kata-kata.
l)
Halaman 65 menarik
karens di situ diajak untuk berhenti membaca untk menulis
m) Halmaan 275 MENULIS SETIAP HARI, BAGAIMANA CARANYA?
merupakan bagian intin dari buku ini karena berisi bagaimana menulis setiap
hari
n)
Dilengkai dengan dastaf
pustaka baik digital maupun hardcopy beserta
profil penulis
4. Kelemahan:
a)
Gambar sebaiknya
berwarna
b)
Hal 29 dan 30 ada
baiknya bagian : Pertama, Tips-Tips menulis mudah saja, dimulai dengan tips
menulis mudah saja baru dimulai dengan pertama (jadi dibalik)
c)
Sering orang alami
kesulitan menulis sebelum tidur. Jadi, baiknya jika diberikan tips untuk alami
kendala jika belum terbiasa atau ada halangan untuk menulis sebelum tidur
d)
Halaman 45: ada gambar
yang tidak ada judulnya, sedangkan di halaman 138 gambar yang sama tapi ada
judulnya
e)
Halmaan 68: long term memory atau long time memory?
f)
Beberapa judul bisa
digabung menjadi 1 judul lalu dibuat sub judul. Misalnya,
Judul: Menulis Itu Sebuah Kebutuhan hal 97
Sub judul: Menulis Itu Mengalir Saja hal 101
Sub judul: Kapan Sebaiknya Anda Menulis? Hal. 105
Sub judul: Ketika Anda Malas Menulis hal. 109
g)
Halaman 173 dst memuat
tentang mahasiswa dikaitkan dengan menulis. Baik juga bila ditambahkan dengan
keadaan siswa mis SMP dan SMA untuk menulis. Dikaitkan dengan halaman 257 BILA
GURU MAU MENULIS BUKU, akan menjadi dahsyat jika siswa menulis.
h)
Judul pada hal 197
dengan 207 bisa digabung tentang menulis setelah tidur
5. Gaya penulisan
Gaya
penulisan buku ini
penulis cenderung menggunakan bahasa yang
sederhana dan mudah dipahami dan
dimaknai oleh berbagai kalangan pembaca dan terkesan hidup.
Menulis itu sebuah kebutuhan baru dapat menulis setiap
hari. Buku ini pantas dibaca oleh semua orang yang mau belajar menulis, secara
khusus bagi orangtua untuk memotivasi anak-anaknya untukmenulis, para guru,
mahasiswa, dosen, dan blogger
6. Peresensi:
Nama: Grefer E. D. Pollo
Kupang-NTT
Peserta belajar menulis online via WA bersama Omjay
Gelombang 7 tahun 2020
0 comments:
Post a Comment