Friday, May 1, 2020

Membangun Branding Melalui Blog Dan Medsos


membangun personal branding-medsos
Senin, 30 Maret 2020, tepat pukul 8.03 malam WIB, Bapak Wijaya Kusumah yang akrab disapa Omjay, menyapa sepuruh peserta kuliah online via WA dengan memberitahukan bahwa malam ini Pak Namin akan memberikan materi ketiga, dan beliau akan bercerita bagaimana membangun personal blog dan membangun persoal branding melalui blog. Selanjutnya, Omjay mempersilakan Pak Namin untuk menyampaikan materinya dengan tema “Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial”

Pak Namin kemudian tampil dengan memperkenalkan diri sebagai Namin AB Ibnu Solihin, founder motivatorpendidikan.com. Beliau juga mengajak peserta untuk untuk mengunjungi link https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/ di mana pada link tersebut mereka dapat mengenal beliau lebih dekat, ataupun bisa searching nama beliau di Google. Pak Namin telah membagikan secara gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net. Materi-materi itu telah dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di-download sekitar 7 ribu kali setiap tahunnya. Para peserta dapat mengaksesnya melalui link  berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak. Menutup bagian pendahuluan ini, Pak Namin mengajak seluruh peserta untuk dapat menjalin pertemanan melalui media sosial instagram @motivatorpendidikancom, juga Channel YouTube Motivator Pendidikan Com yang dikelola oleh beliau.

blog dan medsos

Langkah Bayi Menjadi Langkah Dewasa
Setiap orang dewasa awalnya adalah seorang bayi mungil tak berdaya, dan setiap 1000 langkah besar selalu ditentukan oleh 1 langkah kecil di awal. Kira-kira seperti itulah sebuah gambaran dari membangun branding melalui blog dan media sosial.

blog -pesonal branding


Apa yang Telah Saya Lakukan?
Pada tahun 2007, saat menggunakan waktu luang istirahat ketika tidak sedang mengajar, Pak Namin mulai mengerjakan blog-nya menggunakan blogspot.com. pada waktu itu, di blog itu, tulisan Pak Namin masih sangat beragam lebih lebih banyak curahatan hati. Namun, it uterus berkembang hingga menjadi lebih dari 10 blog di blogspot.com, namun kini semua blog tersebut sudah dihapus oleh beliau. Enam tahun berlalu, Pak Namin kemudian mengenal guraru.org sekitar tahun 2013. Blog ini diisi oleh para guru yang kreatif. Di sana ada Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama. Sejak saat itu, muncul keinginan besar untuk terus menulis dan membuatnya lebih baik lagi terutama setelah mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3 yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman di akhir tahun 2013. Satu tahun kemudian, yakni tahun 2014, Pak Namin dan Om Jay beserta teman-teman menggagas sebuah komunitas yang disebut Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, dan di tahun itu sampai tahun 2015, Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Di tahun yang sama dengan terbentuknya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, Pak Namin mulai membangun personal branding via blog hingga tiba tahun 2015 di mana beliau me-launching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang beliau lakukan atau isi. Pengalaman dan keyakinan membentuk blog ini didukung oleh pengalaman beliau saat banyak mencurahkan gagasannya tentang pendidikan di blog https://motivatorkreatif.wordpress.com sebelumnya.

Pak Namin menyimpulkan bahwa membangun branding bukanlah hal yang mudah tetapi layak untuk untuk diperjuangkan, karena oleh berkat Tuhan dan kerja dengan kesungguhan hati akan ada jalan. Tentunya, branding yang dibangun harus sejalan dengan kompetensi yang dimiliki, selaras dengan kepribadian yang dimiliki di blog, medsos dan segala aktivitas yang dilakukan. Karena itu, konsistensi dalam menulis di blog itu penting. Konsistensi yang dimaksud di sini termasuk di dalamnya adalah konsisten pada branding yang dimiliki. Misalnya, jika peserta adalah pakar pendidikan, maka konsistenlah menulis tentang pendidikan dan jangan yang lain. Sehingga ketika orang berbicara tentang pendidikan blog dan penulis itu akan diingat dan dikunjungi. Sebagai contoh, akibat dari konsistensi Pak naming dalam membangun branding di blog-nya maka beliau telah mengisi training setidaknya di lebih dari 300 lembaga sejak tahun 2014-sekarang dan telah berkeliling Indonesia..
Selanjutnya, materi lengkap dari Pak Namin dapat dilihat pada link https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak/membangun-branding-melalui-blog-dan-medsos ini.



Diskusi Dan Tanya Jawab
Setelah materi di atas disampaikan dan para peserta membaca materi yang dilampirkan di grup WA, Pak Namin meminta diskusi di-pending dulu dan akan diteruskan setelah waktu sholat.

Berikut beberapa kutipan dari sesi diskusi dan tanya jawab.
Pertanyaan
Sebagai bloger pemula yang ingin membangun branding 
1. apa kita harus punya ciri khas dari tulisan kita pak..? 
2. Bagaimana tips agar blog kita jadi menarik  
Jawaban
Cara adalah :
1.      Pastikan apa yang bapak yang bapak tulis di Blog, sesuai passion atau keahlian bapak
2.      Menulis berdasarkan Pencarian yang terdeteksi di Blog kita, nah ini bisa dilihat dibagian dashboard blog, biasanya ada di Statistik.
3.      Gunakan kata kunci saat menulis sesuatu di Blog, agar mudah terindeks di Google, bahasa kerennya pakai SEO 
Nah, sekarang nulis saja yang semangat ya Pak.

Pertanyaan
Assalamualaikum pak, saya baru buat blog setelah mengikuti belajar menulis dengan om jay, yang ingin saya tanyakan bagaimana blog kita itu rame dikunjungi
Jawaban
Agar Blog jadi menarik :
1.      banyak baca buku
2.      belajar Design Grafis
3.      Hadirkan template yang mudah dan tidak berat
4.      Blognya harus informatif
5.      Padukan Video, Gambar, dan Tulisan
6.      Rajin - rajinlah Blog Walking agar bisa belajar dari blog orang lain



Pertanyaan
Selamat malam pak @Namin AB Ibnu Solihin super sekali materinya, ada pertanyaan pertama yg melintas dibenak pak, bagaima cara agar blog kita mudah sekali dikenal dan dikunjungi banyak orang pak. Trimakasih pak
Jawaban
Sekedar berbagi (untuk membantu menjawab pertanyaan dari@Mas Sugiyatno berdasarkan pengalaman, beberapa cara agar blog mudah dikenali dan dikunjungi adalah :
1.      Sering berkunjung dan memberi komentar/tanggapan di blog teman teman yg lain. Dari sini biasanya akan saling mengunjungi.
2.      Seperti kata Pa @Namin AB Ibnu Solihin gunakan keywords di setiap postingan. Tag, label. Usahakan kata yg menjadi tag sering muncul dalam artikel.

Pertanyaan
Sy sdh punya blog sejak thn 2012. Isinya ttg pelajaran bhs Indonesia. Tp bbrp tahun sy  vakum. Pertanyaan supaya blog kita dikenal td dgn kt kunci  blm mudeng n ngerti sama sekali pak mohon dijelaskan !!
Jawaban
Sekarang coba ibu ketik di Google materi-materi tentang Bahasa Indonesia, apakah yang muncul blog ibu atau orang lain,
Nah untuk kata kunci ini coba ibu baca slide materi saya di atas 

Pertanyaan
1.      Karena saya juga menekuni bisnis makanan apakah saya boleh mencampurkan ttg posting 2 makanan ? Apakah perlu punya 2 blog? 
2.      Kata kunci yang paling tepat untuk puisi misalnya judulnya Ayah, kita tuliskan : puisi Ayah juga?  Mohon saran dari Bapak. 
Terimakasih. 
Jawaban
Pertanyaannya yang sering bangeuttt ditanyakan oleh peserta. Bisa juga kita memiliki banyak Blog, tapi itu tidak akan bisa membangun Branding kita. Maka solusinya yang sering saya sampaikan:
Buat blog :
a. Tentang Hobi kita
b. Tentang pelajaran
c. Tentang bisnis
d. Tentang tulisan ilmiah.
Nah, Blg mana yang akan kita bangun Branding nya
Agar punya nilai jual 
Silahkan bisa dipilih

Contoh kata kunci
Judul : Puisi Untuk Ayah
Kata kunci : Puisi Ayah, puisi untuk ayah, contoh puisi tentang ayah, tentang ayah, 
Kira-kira begitu Bu 
Pertanyaan
Saya mau bertanya pak @Namin AB Ibnu Solihin
Bagaimana menemukan passion ketika masih menjadi penulis pemula? Terimakasih 
Jawaban
Awalnya saya juga bingung Passion saya apa sih sebenarnya? Alhamdulillah dengan ber bagai cara dan usaha dan perjalanan panjang. Saya bisa menemukan passion saya saat ini. Kalau saya berpendapat harusnya Passion itu satu. Passion saya adalah Mendidik. Dengan cara apa menjadi pembicara Training, Workshop dan Seminar dan aktivitas lainnya. Tapi saya selalu memposisikan sebagai Learning Partners. Karena saya selalu banyak belajar dari setiap orang yang saya temui 

Apresiasi dan Penutup
Sesi hari ini mendapatkan banyak sekali apresiasi dari peserta terhadap pemateri, Pak Namin. Berikut bebrapa di antaranya:
1.      terima kasih untuk materi yang luar biasa ini, yang berangkat dari pengalaman praktis dan sekaligus telah mempraktiikkannya. Saya tidak punya pertanyaan, menyimak saja diskusi di sini. Berharap mendapatkan inspirasi plus dari diskusi para sahabat se - NKRI ini. Salam Literasi.”
2.      Masya Allah luar biasa pengalaman dan ilmu nya jadi kepingin juga
3.      saya salut dengan pak Namin yg ttp konsisten dengan dunia bloger...sy dl jg mantan bloger bahkan sy dl mulai tahun 2002 pake multiply untuk ngeblog... bagi sy konsistensi dalam mengisi konten dlm blog itu yang sulit...bagi sy membuat blog itu gampang tp yang sulit adalah mengisi konten2 yang menarik bagi pembacanya...saling mengunjungi ke blog orang lain apalagi blog milik orang yang sudah terkenal itu nnt akan mendongkrak nilai blog kt....itu menurut sy...apalagi klo blog yg kt buat sdh ada iklannya dari google itu akan mendatangkan uang bagi kita...salut buat pak naim dan om jay yg ttp konsis dalam dunia bloger
4.      Ya, saya terus mengikuti. Sedang duduk di depan layar mengikuti diskusi dari para sahabat yang hebat-hebat dan motivasi tinggi. Semoga sesudah ini lahir ratusan bloger dari grup ini yang malam ini mencapai angka 200 orang, kalau saya tidak keliru. Terima kasih telah berbagi blognya pak @Namin AB Ibnu Solihin
5.      Kehebatan bapak ini lah yang kami nak jadikan Inspirasi dalam menulis di blog nanti. Makasih pak sudah mau sharing dg pemula ni
6.      Yg saya suka salah satunya dari paragraf diatas adalah " membangun branding melalui blog harus selaras dengan kepribadian kita di blog, medsos dan segala aktifitas yg kita lakukan"

Setiap orang adalah ciptaan Tuhan yang unik dan memiliki brand-nya masing-masing. Tidak dapat dibandingkan dan pasti memiliki nilai “jual” dalam kehidupan yang bermakna, bermartabat, dan berguna bagi sesame terutama Tuhan Penciptanya. Karena itu, janganlah malas, ragu, dan takut untuk membangun personal branding. Ingat bahwa setiap orang dewasa awalnya adalah seorang bayi mungil tak berdaya, dan setiap 1000 langkah besar selalu ditentukan oleh 1 langkah kecil di awal.

“Jika Anda dapat berlari dengan aman saat ini, ingatlah bahwa Anda pernah ribuan kali terjatuh saat belajar berjalan dulu. Maka, jika hari ini Anda gagal telah dalam mengusahakan sesuatu, teruslah berusaha dengan tekun melakukannya dan doakan selalu, karena Anda akan berhasil dan jaya nanti jika Anda tidak bosan dan jemu kini”.  - ged pollo






Resume Belajar Menulis Online Gel 7
Bersama Bapak Namin AB Ibnu Solihin
30 Maret 2020


Penulis: Grefer E. D. Pollo, dari  SDH Kupang Prov. NTT, Blog: halobelajarsesuatu.blogspot.com, Email: greferedominggu.pollo@gmail.com, IG: ged.pollo

0 comments:

Post a Comment