Sunday, April 26, 2020

Anda Dapat Menulis Buku Dalam Seminggu

belajar menulis online: Cara Mudah Menulis Buku Dalam Seminggu

Menulis buku dalam seminggu? Bagaimana triknya? Sebulan saja ngos-ngosan. Ini seminggu. Mesti harus ada trik jitu. Bagaimanakah caranya?



Mungkin ini adalah pertanyaan yang pernah muncul dalam pikiran Anda ketika Anda ingin belajar menulis. Ya, banyak orang ingin menjadi penulis tetapi, masalahnya mereka tidak fokus dalam menulis dan cukup malas untuk memulai menulis.



Pertanyaan di atas, muncul dari seorang peserta dalam Kuliah Lewat WA, Senin, 13 April 2020, pukul 19.00-21.00 WIB, yang disampaikan oleh Prof Eko Indrajit, dengan tema yang sangat menarik: Cara Mudah Menulis Buku Dalam Seminggu.

Kuliah ini dikelola oleh Bapak Wijaya Kusumah (Omjay), dan dimoderatori oleh Pak Bambang (Mr. Bams).



Pak Bambang membagi sesi kuliah ini sebagai berikut:

  • 60 menit materi
  • 60 menit tanya jawab

Setiap orang memiliki jalan hidup masing-masing, karena itu, selalu menarik untuk mengikuti kisah hidup seseorang. Demikian pula cerita yang melatar belakangi karya Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA. Prof Eko dilahirkan di Jakrat, 24 Januari 1969. Beliau memiliki keahlian dalam dunia teknologi dan akademik serta sekaligus penulis puluhan judul buku dan ratusan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional. Semua ini tentunya tidak dating dengan sendirinya, tetapi melalui perjalanan dan perjuangan panjang.



Prof Eko memulai  karir di dunia teknologi sejak duduk di bangku kuliah. Beberapa kampus seperti ITS, Harvard University, University of the City of Manila, Maastricht School of Management, Leicester University, dan London School of Public Relations pernah menjadi tempat bagi beliau untuk mengejar pengetahuan dan ketrampilan. Setelah mendapatkan cukup bekal ilmu dan keahlian di sana, beliau mulai meniti karir di beberapa perusahaan multinasional seperti Price Waterhouse, Prosys Bangun Nusantara, Renaissance Indonesia, Jakarta Consulting Group, Soedarpo Informatika Enterprise, dan IndoConsult Utama. Beberapa waktu kemudian setelah itu, beliau lalu mengundurkan diri dan mendirikan sebuah perusahaan konsultan teknologi informasi independen yang membantu banyak perusahaan baik swasta maupun pemerintahan.



Sebagai warga negara yang baik, Prof Eko juga menggunakan ilmu dan keahliannya untuk mendukung program-program pemerintah seperti menjadi Widyaiswara Lemhannas, dan lain-lain. Saat ini, beliau dipercayakan untuk memimpin institusi pengawas internet Indonesia ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure), menjadi anggota aktif dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dewan Riset Nasional (DRN), dan Dewan Pendidikan Tinggi (DPT), akademisi di Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya, Bina Nusantara University, Curtin University of Technology, Universitas Trisakti, Edith Cowan University, dan IPMI-Monash University.



Wow! Sungguh karir yang luar biasa! Tetapi, mengapa Prof Eko dapat menjadi pembicara dlaam Kuliah Online via WA ini?



Ternyata, semenjak masa sekolah dasar di kota terpencil Dumai Riau, Prof Eko suka mengajar. Tiada hari tanpa mengajar. Lalu, apa saja yang beliau ajarkan di masa kecil itu? Banyak hal, seperti mulai dari sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Akhirnya, saat menjadi dosen sekaligus konsultan seperti sekarang ini, beliau terus mengajar dan berbagai ilmu serta pengalaman yang memang seperti sudah menjadi DNA dalam tubuhnya.



Di awal tahun 2020 ini, pandemi covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, semua orang harus belajar, beribadah, dan bekerja dari rumah. Menjaga jarak social dan fisik agar tidak tertular dan menularkan virus tersebut. Stamina tubuh harus dijaga juga sehingga tidak mudah terserang oleh virus ini. Pada masa itu, Prof Eko tidak bisa lagi mengajar secara langsung (tatap muka).

Oleh karena mengajar itu telah menjadi seperti sebuah energi tersendiri dalam tubuh dan hidupnya, maksudnya, kalau beliau tidak mengajar, staminanya menurun, kalau stamina menurun, beliau dapat tertular virus, maka pada hari kelima lockdown di rumah, Prof Eko memutuskan untuk mengajar via streaming YouTube. Pada awal pembuatan ini, beliau haqnya berpikir untuk mengajar dan tidak merisaukan entah aka nada yang menonton atau tidak. Maka, jadilah EKOJI CHANNEL di YouTube.

Ketika dimulai pada, 20 Maret 2020, seminar virtual dilaksanakan secara gratis, keculai kalau mau memesan e-sertifikat akan dikenakan biaya tambahan Rp10,000. Biaya tersebut dimaksudkan untuk membayar rekan-rekannya yang membantu administrasi. Tidak disangka, ada 600 orang yang mengikuti seminar pertama ini. Sesuatu yang lebih meggembirakan lagi, baru sebulan lebih berjalan, saat ini, yang menonton tema pertama DIGITAL MINDSET di youtube beliau sudah 6,000 orang.



Sesuatu yang lebih “wow” lagi, ada 1.116 orang yang memesan sertifikat untuk satu seminar tersebut. Artinya, Prof Eko dan rekan-rekannya mendapat Rp11 juta dalam sehari. Ide memberikan sertifikat untuk seminar di Youtube Streaming adalah ide yang sederhana namun menarik. Mengapa? Karena, setiap dosen harus membuat laporan kum untuk kenaikan jabatan akademik. Untuk maksud itu, biasanya mereka mengikuti seminar dan dibuktikannya dengan sertifikat. Di masa pandemi ini semua seminar yang harus dihadiri secara fisik tidak boleh dilakukan. Hal ini berdampak kepada dua hal, yakni:

  1. Bagi para dosen: sulit untuk naik jabatan akademik karena sulit mendapatkan sertifikat seminar
  2. Bagi Prof Eko: kehilangan pemasukan karena 70% didapatkan dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dsb.

Dari seluruh peserta yang ikut seminar itu, 80% persennya adalah mereka yang pernah membeli buku-buku yang Prof Eko tulis semenjak tahun 1998 di mana krisis ekonomi terjadi. Pada saat itu, para mahasiswa memotivasi Prof Eko untuk menulis buku karena banyak mahasiswa S2 tidak sanggup membeli buku dalam mata uang dolar. Prof Eko kemudian menulis buku yang diterbitkan pertama kali yang berjudul Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Buku ini berisi RINGKASAN dari 50 buku bahasa Inggris yang beliau pinjam di perpustakaan.



Tidak disangka, buku tersebut kemudian menjadi best seller. Hal tersebut akhirnya memotivasi Prof Eko beralih dari ketagihan mengajar menjadi ketagihan menulis. Kebiasaan beliau adalah sebelum tidur menulis satu halaman, dan kebiasaan ini terus dibangun sehingga sekarang saya sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan, dan ratusan artikel. Kebanyakan buku dan tulisannya dibagikan secara gratis



Perkembangan yang baik sejak 24 Maret 2020 ini, kemudian terus berjalan sampai sekarang, Setiap hari, di jam 8 pagi, Prof Eko memberikan seminar selama 1-2 jam di Youtube Streaming untuk siapa saja yang tertarik.

Berikut beberapa petikan dari sesi tanya jawab antara Prof Eko dengan peserta kuliah online via WA



Pertanyaan

Salam.

Ini luar biasa Prof. 

Menulis buku dalam seminggu? Bagaimana triknya? Sebulan saja ngos-ngosan. Ini seminggu. Mesti harus ada trik jitu. Bagaimanakah caranya?

Terima kasih



Isminatun, Sukoharjo



Jawaban

caranya mudah. kita harus mendisrupsi diri sendiri. saya langsung saja pada pokok permasalahan ya. Silahkan buka dan subscribe EKOJI CHANNEL. anda akan melihat beberapa presentasi saya semenjak tanggal 20 Maret 2020 yang lalu. kemudian pilihlah yang menarik perhatian anda (sesuai yang relatif anda SUKA dan KUASAI). kemudian saya kasih waktu satu minggu untuk menjawab 6 pertanyaan sederhana mengenai topik yang dibahas, yaitu: 5W1H. Misalnya judulnya DIGITAL MINDSET. maka anda menjawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebb.

chapter 1: APA yang dimaksud dengan digital mindset. 2. MENGAPA digital mindset dibutuhkan 3. SIAPA yang harus berubah mindsetnya 4. DIMANA digital mindset harus diterapkan 5. KAPAN digital mindset diterapkan. dan 6. BAGAIMANA cara menerapkannya.

Nah, satu hari tulis satu. Berarti hari keenam sudah jadi. Hari ketujuh kasih ke saya. Anda tidak perlu banyak berfikir, karena semua sudah saya paparkan dalam presentasi. Tinggal anda bahasakan saja sesuai dengan yang anda tangkap.

Di hari ketujuh, tulisan saya akan saya tambah-tambahkan sana sini. Kemudian saya akan LANGSUNG terbitkan dengan e-ISBN resmi dari perusahaan publikasi saya yang di Yogyakarta, yaitu CV PREINEXUS yang bermitra dengan penerbit lama Graha Ilmu. Anda adalah penulis pertamanya, saya penulis keduanya. Kalau ternyata e-bukunya lagu (kita jual di situs EKOJI CHANNEL dengan harga murah meriah, karena yang penting banyak yang beli).

agar menarik, semua royalti jadi milik anda. kalau ternyata banyak yang laku, kita terbitkan versi kedua dalam bentuk fisik sehingga anda dapat ISBN.



Pertanyaan

Maaf Prof.. kalau ada pertanyaan enakan mana jadi penulis atau YouTuber ?

Ridwan Nurhadi



Jawaban

dulu saya jadi penulis karena masih banyak waktu luang. dan waktu itu khan belum ada internet. nah sekarang karena waktu saya terbatas, maka saya lakukan kombinasi. kalau Sabtu Minggu saya menulis, kalau hari biasa saya jadi Youtuber. bagi saya, buku dan youtube adalah MARKETING BROCHURE atau MARKETING TOOLS. karena orang mengenal kita, baru mereka mengundang kita untuk bicara di acara mereka. dari situlah saya menghidupi keluarga saya hingga saat ini.



Pertanyaan

Selamat malam Prof. perkenankan saya supyanto dari kota bekasi, pertanyaannya apa yang menjadi modal utama pak prof. sehingga menjadi kekuatan bagi guru yang mau belajar menulis untuk terus bisa menulis seperti yang prof lakukan?



Jawaban

waktu kecil, cita-cita saya sederhana. saya ingin keliling Indonesia melihat keindahan kota-kotanya, tapi dibayarin orang lain. setelah saya jadi penulis, tiba-tiba undangan seminar ke sana sini menggila. akhirnya dari tahun 1998 sampai 2003, saya sudah berkunjung ke 27 provinsi ketika itu. kemudian cita-cita berubah. ingin bisa keliling dunia, dibayarin orang lain. mulailah saya mengunggah tulisan serta powerpoint (biasanya powerpoint dalam bahasa Inggris) ke internet. Dan ehhhh... malah ada undangan dari beberapa negara. Jadi motivasi saya adalah ingin keliling dunia gratis dibayarin orang lain... karena ingin melihat berbagai keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa. sampai saat ini saya sudah hitung, telah mengunjungi 73 negara. Masih lebih dari 100 negara lagi yang saya ingin lihat. makanya sekarang saya tetap menulis dan jadi youtuber.

 

Pertanyaan

Maaf Prof, bagaimana cara membagi waktu untuk menulis dengan jadwal Bpk yang super sibuk. Apakah meluangkan waktu khusus atau disela-sela kesibukan Bapak untuk menulis?

Agus Purwadi, Ponjong



Jawaban

jika anda menyenangi yang anda lakukan, pasti waktu dapat anda alokasikan. sebelum tidur saya terbiasa membuat 3-5 halaman tulisan. saking terbiasanya, sekarnag kalau belum nulis, ndak bisa tidur. dan saya ingin meninggalkan legacy untuk anak cucu saya. sehingga kalau nanti mereka ngecek siapa kakek atau kakek buyutnya, bisa tercatat di internet. itulah cara hidup 1000 tahun lagi. hehehe....



Pertanyaan

Saat pandemi ini, semua kegiatan dilakukan secara online, baik sekolah, kuliah bahkan kerja. Saat wabah nanti berakhir, apakah kegiatan ini bisa memungkinkan dimasukkan ke dalam kurikulum, misalnya Senin-Rabu kegiatan tatap muka di sekolah, Kamis- Jumat secara online. Karena secara tidak langsung ada "memaksa" guru dan murid bahwa era digital class memang sudah harus dilakukan

Terimakasih



Sius

SMA 2 Salatiga



Jawaban

saya rasa akan ada perubahan besar2an dalam sistem pendidikan kita setelah pandemi ini. teknologi akan banyak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. saya sudah prediksi ini 15 tahun yang lalu. tapi tidak menyangka kita belajar e-learning bukan karena memanfaatkan peluang, tapi karena kita mendapatkan masalah pandemi.



Pertanyaan

Apakan setiap menulis selalu berpatokan pada 5wh? Urutan 5wh apakah bebas atau beraturan sesuai contoh dari bapak profesor.

Unih-Subang



Jawaban

tidak. 5WH adalah untuk penulis awal yang ingin belajar menulis. karena sifatnya deskriptif, tapi sangat filosofis. setiap isu apapun, secara filsafat, harus bisa dijelaskan dalam 5W1H. kalau sudah biasa menulis deskriptif, barulah mulai menulis yang sifatnya: eksploratif, komparatif, arguentatif, persuasif, dan lain sebagainya.

contohnya: kalau isunya COVID-19, saya yakin dengan 5W1H, anda bisa membuat satu buku dalam seminggu. apalagi ada banyak referensi di internet saat ini. musuh menulis adalah diri sendiri. motivasi hanya dapat dibangun dari dalam diri sendiri.

oleh karena itu, sering saya katakan, pilihlah sesuatu yang anda SUKAI dan KUASAI. kalau sudah terbiasa dengan 5W1H, lainnya menjadi mudah. itu pengalaman saya.



Pertanyaan

Kalau saya senang menjadi editor, bagaimana menurut Prof.

Dari Zubaedah, Depok ( Jawa Barat)



Jawaban

menurut saya editor lebih sulit pekerjaannya dibandingkan dengan penulis. karena yang diedit tidak sekedar bahasanya, tapi yang penting adalah pesan yang ingin disampaikan ke target audiens terentu benar-benar tersampaikan secara efektif dan efisien. jadi selain ilmu bahasa, seorang editor ulung harus memiliki kompetensi psikologis, linguistik, marketing, pedagogik (untuk buku pendidikan), dan komunikasi (pendekatan interdisipliner).



Pertanyaan

Salam kenal, saya ib. Sumarni dari klaten

Prof. Bagaimana memulai menulis yg baik. Sy selalu tidak percaya diri mau menulis. Biasanya bila ada ide sy tulia kewat medsos tapi tdk tetkoordinir sehingga tidak ada jejaknya.

Mohon bimbingan.

Spesialisasi Bahasa Indonesia



Jawaban

menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan. jadi bagi saya semua tulisan adalah baik, karena dilakukan dari hati. ibu pasti punya banyak hal yang ingin diceritakan kepada orang lain. tulis saja apa yang ada di kepala kita. ndak usah takut. kualitas menulis itu ditentukan oleh pembacanya. dan pembaca itu macem-macem. kalau saya menulis untuk kakek saya, akan beda bahasanya dengan kalau menulis untuk generasi anak2 saya. kualitas menulis adalah masalah jam terbang. lama-lama jadi bagus sendiri.... jaman sekarang, tulisan tidak perlu terkoordinir. masukin aja ke internet, maka nanti akan terkoordinir sendiri. karena dalam dunia maya, berlaku data yang unstructured dibandingkan dengan structured. menulis blog seperti yang disampaikan Oom Jay adalah sangat baik. saya selain menulis, senang juga bikin puisi dan lagu kok.... apapun yang ingin saya sharing, saya tulis. satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah (menurut saya), buatlah tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek.... menulis hal-hal yang buruk kalau bagi saya mendatangkan energi negatif.... malah akan mengganggu kehidupan masa kini dan mendatang....



Pertanyaan

Selamat bertemu kembali pak Prof . Eko. Sebelumnya terima kasih buat kiriman Sertifikatnya ke Tana Toraja. Oya pak Prof. bagaimana menjaga kondisi pemikiran agar senantiasa fokus pada apa yang kita akan tuliskan. Tks. Yulius Roma Patandean_Tana Toraja.



Jawaban

Supaya fokus, jangan menulis terlampau lama (kecuali anda membuat penelitian atau tulisan dokumenter). Paling lambat 100 hari sudah harus jadi. Karena kalau lama-lama, kita kehilangan folkus, dan ilmu yang mau kita sharing sudah berkembang dan berganti lagi isunya. Makanya saya tawarkan, ayo menulis buku dalam SEMINGGU.... pak Yulius mau menulis dengan saya? DI tahun 2003, saya menulis dengan 20 mahasiwa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, hasilnya adalah 25 buku dalam 6 bulan.....

pilih satu judul yang lagi trend, bahas dari sisi yang tidak pernah terlihat orang lain. misalnya masalah COVID-19, saya belum pernah melihat orang yang melihat COVID-19 dari sisi peluang.... semua bicara masalah ancaman, kesedihan, ketakutan, dan lainnya. anak-anak jaman sekarang bilang: ANTI MAINSTREAM.

 

Pertanyaan

bagi penulis pemula, bagaimana tulisan kita bisa diterbitkan?



Jawaban

menerbitkan buku sekarang tidak kayak dulu. dulu kita yang butuh penerbit. sekarang penerbit yang butuh kita, karena saingan mereka adalah internet. jadi ndak usah takut, anda buat buku, tawarkan ke semua pemerbit. kalau ndak ada yang mau, saya yang terbitkan. syarat terbit di tempat saya sederhana. semua tulisan anda masukan ke cek plagiarisme. sejauh 80 persen orisinal, langsung saya terbitkan.



Pertanyaan

Selamat malam pak eko ...maaf mau bertanya....tentang bunga rampai.....misalnya saya ada ide dan ini memang sdh saya rencanakan sehubungan dengan tugas dr omjay...diakhir kuliah online...kami peserta paling tidak dapat menerbitkan sebuah buku ttg hsl resume materi nara sumber dan buku satu bebas boleh fiksi dan non fiksi.dan rencana tugas yg buku satu..saya ambil judul  Bungai Rampai Yang Terberai " itu nnti isinya kumpulan cerpen...kumpulan puisi..kumpulan syair dan pantun...kumpulan esai..dari coretan2 saya yang masih terberai di buku catatan sejak sma dulu....apakah bisa dijadikan satu buku dgn judul " Bunga Rampai Yang Terberai"  ya ..prof ? terima kasih..maaf panjang pertanyaannya. Eni setyowati Gunungkidul



Jawaban

kalau ingin mengumpulkan bunga rampai karya2 orang lain, anda harus minta persetujuan masing-masing mereka. kecuali anda membahasakan ulang dan menyitir bahwa itu diambil dari karya mereka.



Pertanyaan

Malam prof. Saya peserta seminar online yuotube. Bagaimana cara dapetin materinya Terima kasih. Haddy Priady. Jakarta



Jawaban

terima kasih sudah setia menjadi peserta youtube saya. sekarang semua materi dapat didownload secara gratis dan mudah di http://ekojichannel.id. pilih seminarnya, klik SHOW MORE pada poster dimaksud.

 

Pertanyaan

Maaf, Prof. Saya belum paham dan masih awam ttg yutub, kok yutuber bisa dapat uang? Bagaimana prosesnya?

Maaf ya

Dari Sukatma Bogor



Jawaban

ada cara langsung ada cara tidak langsung. cara langsung adalah seperti saya. silahkan ikut gratis. yang mau e-sertifikat, pesan dan bayar 10,000 ke saya. nah kalau ada 1,000 orang yang pesan, khan saya dapat 10 juta? sama dengan wa sekarang, kalau anda mau dapat sertifikat dari saya yang ditandatangani saya dan oom Jay, silahkan pesan ke Oom Jay. nanti 40 persen untuk saya, 40 pesen untuk Oom Jay, dan 20 persen untuk mas Bambang....hehehehe....



cara lainnya adalah, gara-gara saya streaming YOutube, hingga hari ini sudah ada pesanan saya streaming ke perusahaan mereka langsung. saya sudah dapat 10 pesanan. mereka bayar langsung ke saya. cara tambahan lainnya adalah, apply adsense ditaruh di youtube channel anda. nanti setiap laki ada sponsor, maka sebagian akan masuk ke pundi2 kita.



Pertanyaan

Seminggu jd satu buku? Apakah ada target jml halaman? Krn byk orang tahu prinsip 5w+1H tp sulit mengembangkan hingga mjd berlembar2 bahkan bisa jd satu buku.

Nama: Muara  

Kota  : Jember



Jawaban

bisa. caranya kita mendisrupsi diri sendiri. anggap saja kalau dalam seminggu buku tidak jadi, kita dipecat oleh organisasi tempat kita bekerja. pasti itu buku pasti jadi. nah cara lain dibalik. kalau anda saya kasih waktu seminggu untuk membuat 25 halaman saja mengenai 5W 1H dan TIDAK BOLEH LEBIH, maka anda akan cenderung berfikir fokus dan menulis yang penting-penting saja.



Pertanyaan

Prof, 

Saya Wiji - malang.

jika menulis di blog berbahan dari ekoji channel atau sumber lain nantinya, apakah harus selalu dicantumkan sbg referensi?



Jawaban

khusus untuk saya, ilmu saya adalah open source. siapa aja boleh menikmatinya. namun agar anda terbiasa, pakailah istilah attribution - artinya secara langsung atau tidak langsung anda mention dari mana ide tulisan diambil. memang etikanya begitu... agar nanti jika anda sudah punya ide orisinil, orang juga akan melakukan hal yang sama terhadap tulisan saya. dulu kita sering dinasehati ayah ibu: "kata nenek.... atau kata kakek" ... nah itu adalah contoh atribusi yang sederhana.



Pertanyaan

Pak Prof, bila anda menilai baik tidaknya sebuah buku apa yg pak prof jadikan tolak ukurnya? (Chandra-Langkat, SUMUT)



Jawaban

sederhana, kepuasan pembaca. karena pembaca yang puas, akan merefer ke orang lain. akibatnya buku habis dibeli. dan dicetak lagi... intinya setiap buku punya target audiens yang ingin diraih. selagi mereka merasa mendapatkan sesuatu, berarti buku tersebut baik adanya.... (secara etika manfaat yang dirasa adalah yang baik-baik, bukan dalam hal buruk)



Pertanyaan

Super sekali..prof. saya baru buka dan baca daftar isi saja sudah yakin ini bukan sembarang waktu yang di gunakan, pengetahuan, baca dan merangkai tulisan..saat ini saya hanya bisa bilang super sekali..bisakah saya menulis seperti anda prof.



Jawaban

anda bisa menulis jauh lebih baik dari saya. soalnya anda ada yang mengajari dan ada yang mau mendampingi. saya dulu harus belajar dan jatuh bangun sendiri. pepatah mengatakan: ala bisa, karena biasa. tak kenal, maka tak sayang. menulis adalah masalah jam terbang. semakin anda sering terbang, akan semakin mulus take off terbang, dan landingnya.... ayo menulis bersama saya. anda penulis pertama, saya penulis kedua.



Kesimpulan

Cara mudah menulis buku dalam seminggu adalah mulailah dengan menulis dan menulis dan menulis. Banyak membaca dan mulailah dengan menulis hal-hal yang sederhana. Gunkaan setiap momen yang ada dan jadikan momen-momen tersebut momentum untuk berbuat sesuatu melalui tulisan.













RESUME

MATERI BELAJAR GELOMBANG 7 BERSAMA PROF. EKO INDRAJIT



Penulis Grefer E. D. Pollo, dari  SDH Kupang Prov. NTT, Blog gedpollo.blogspot.com, Email: greferedominggu.pollo@gmail.com, IG: ged.pollo

0 comments:

Post a Comment