Monday, April 20, 2020

Belajar dari motivator dan guru berpretasi, Pak Encon Rahman


juara 1 guru berprestasi tingkat nasional tahun 2016
Pembelajaran malam ini, Minggu, 12 April 2020 disampaikan oleh Pak Encon Rahman dengan membawa tema: “Kunci Sukses Jadi Gupres”. omJay yang me-manage kelas ini sedangkan moderator dipercayakan kepada Pak Bambang.
Sedikit mengenal latar belakang Pak Encon. Beliau dilahirkan pada 5 April 1972 di Majalengka, Jawa Barat. Dalam karirnya, Pak Encon pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara 1 guru berprestasi tingkat nasional tahun 2016. Pengharagaan sebagai guru berprestasi internasional didapat dari Princess Maha Chakri Awards (PMCA) Kerajaan Thailand pada tahun 2017 (dapat dilihat pada link https://youtu.be/FWBFNVvHi-8) dan satu tahun kemudian, yakni tahun 2018, mendapat penghargaan Satya Lencana sebagai guru berprestasi di bidang pendidikan dari Presiden RI, Joko Widodo.
Lomba gupres merupakan ajang bergengsi bagi para guru yang diadakan tiap tahun di Indonesia dan juga dilakukan di tingkat internasional seperti di Asia Tenggara.
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 bahwa jabatan guru adalah profesi, maka guru harus memiliki jabatan profesional di mana jabatan ini mencakup 7 M, yaitu mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengajar, dan mengevaluasi.
Seperti disampaikan di atas bahwa pemerintah selalu mengadakan lomba gupres baik dari tingkat jenjang satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA setiap tahun. Kegiatan ini dimaksudkan untuk:
1.       Mengangkat guru sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi
2.       Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya
3.       Meningkatkan persaingan yang sehat selalu pemberian penghargaan di bidang pendidikan
4.       Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.

Melihat kepada tugas dan peran profesi guru demikian maka untuk menjadi seorang guru berprestasi tentunya bukanhal yang mudah. Oleh karena itu, jika ada keinginan seorang guru untuk meraih prestasi dalam ajang gupres maka harus dipersiapkan sejak awal.

Pak Encon kemudian menyampaikan dua alasan yang telah dilakukannya dalam mengikuti ajang tersebut sehingga berhasil yakni, memiliki amalan batiniah dan amalan lahiriyah.

Untuk mengikuti penilaian atau seleksi gupres, maka perlu menyiapkan diri dalam empat kompetensi guru, yakni: kepribadian, sosial, profesional, dan pedagogic yang harus dibuktikan dalam format portopolio, wawancara, tes, presentasi, dan sikap. Setelah hal-hal tersebut sudah disiapkan, maka guru tersebut akan masuk dalam proses yang tidak kalah pentingnya, seperti: (1) mempersiapkan dengan baik apa yang dibutuhkan dalam lomba tersebut dengan berdasarkan kepada pedoman lomba gupres yang selalu disampaikan pemerintah setiap tahunnya, (2) memastikan diri bahwa menjadi peserta gupres bukan karena desakan pihak luar misalnya PGRI atau kepala sekolah sedangkan diri sendiri tidak siap, (3) bagian karya tulis untuk bekal gupres adalah buku-buku karangan sendiri atau keroyokan/antologi dan tulisan sendiri yang pernah dimuat berbagai media cetak, dan (4) perlu juga mempersiapkan media pembelajaran, bimbingan kepada rekan guru, bimbingan kepada siswa hingga meraih juara.






RESUME
MATERI BELAJAR GELOMBANG 7
BERSAMA Encon Rahman
Minggu, 12 April 2020
Pertemuan ke-11


Penulis: Grefer E. D. Pollo, dari  SDH Kupang Prov. NTT, Blog: halobelajarsesuatu.blogspot.com, Email: greferedominggu.pollo@gmail.com, IG: ged.pollo

0 comments:

Post a Comment