Jika Anda percaya bahwa hidup ini
adalah kesempatan, pastilah Anda tidak akan melewatkan suatu momen tanpa
menjadikannya bermakna. Jika Anda yakin bahwa hidup ini adalah anugerah, maka
pastilah Anda tidak akan menyia-nyiakan satu detikpun dalam hidup ini. Jika
Anda adalah seorang guru dan sadar betul akan panggilan Anda untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa, memanusiakan manusia, dan mengembalikannya kepada citra
Allah, Penciptanya, maka Anda tidak akan menyiakan-nyiakan tiap momen dalam
pembelajaran Anda di dalam dan di luar kelas, serta Anda akan mengabadikan
momen tersebut tidak saja dalam sanubari Anda sehingga hanya Anda saja yang
menyimpannya, tetapi juga pada lembaran-lembaran kertas tak bernyawa sehingga
dapat dibaca oleh setiap mereka yang bernyawa supaya hidup mereka menjadi
bermakna.
Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar
Pertemuan keenam, Jumat, 3 April
2020, pukul 19.00-21.00 WIB dari Belajar Menulis via WA ini diadministrasi oleh
Bapak Wijaya Kusumah yang sering disapa Omjay dengan pemateri Bapak Munif
Chatib. Beliau adalah konsultan, praktisi pendidikan dan penulis buku
pendidikan popular, dilahirkan pada tanggal 5 Juli di Surabaya, dan penulis
dari dua buku best-seller Sekolahnya Manusia dan Gurunya Manusia. Saat ini,
Bapak Munif Chatib menjabat sebagai CEO NEXT EDU INDONESIA, yakni sebuah lembaga
konsultan dan pelatihan guru di seluruh Indonesia dan luar negeri. Biodata
selengkapnya dari beliau bisa dilihat di: https://munifchatib.com/.
Memulai kuliahnya, Pak Munif mengajak
seluruh peserta untuk memperhatikan tiga metode belajar mala mini, yakni:
1. Menonton video MENULIS MOMEN SPESIAL
lewat link youtube, selama 13 menit: https://youtu.be/-tGJsRRQrV0
2.
Lihat pdf contoh artikel bebas momen
spesial.
3.
Berdiskusi
Menangkap Momen, Merekam Peristiwa
Kelas itu sangat dinamis. Dalam 1
pertemuan di kelas yang rata-rata mungkin tidak lebih 90 menit, seorang guru
dapat mengambil puluhan keputusan demi mengelola kelas dan menyesuaikan diri
dengan keadaan siswanya. Keputusan-keputusan itu sangat mungkin tidak sesuai
dengan rencana pembelajaran yang sudah dia siapkan. Keputusan yang diambil oleh
guru akan menjadi haluan bagi keadaan selanjutnya, dan menciptakan beragam
momen, salah satunya momen yang sangat berharga dan memberi kesan bagi siswa
seumur hidupnya.
Momen yang sangat berharga itu akan menjadi momen yang spesial.
Spesial karena mungkin saja itu tidak akan terulang lagi, atau karena akan
mengubah hidup seseorang dan dikenang sepanjang hidupnya. Menurut Bapak Munif
Chatib, momen special adalah kejadian khusus yang terjadi antara guru dan siswa
baik di dalam maupun di luar kelas yang sangat mampu masuk ke dalam memori
jangka panjang siswa sehingga tidak akan terlupakan dalam seumur hidupnya.
Momen Spesial yang terjadi dalam pembelajaran meliputi:
- Perubahan
motivasi
Misalnya, siswa yang sebelumnya tidak memiliki motivasi
untuk belajar sehingga prestasi akademik dan nonakademiknya menurun, lalu
sesuatu terjadi, dan melalui sentuhan guru dia termotivasi untuk belajar.
- Perubahan
kemampuan
Misalnya, siswa yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan
dalam mata pelajaran tertentu, lalu gurunya melakukan pendekatan dengan cara
tertentu yang sesuai dengan gaya belajar, bahasa kasih, dan kemampuan itu siswa
sehingga kemampuannya meningkat
- Perubahan
sikap
Banyak guru yang pasti sering berhadapan dengan siswa yang
memiliki sikap dan tindakan yang tidak diharapkan, namun, banyak guru dan siswa
yang dapat menceritakan pengalaman mereka dalm interaksi guru dan siswa yang
mengubahkan hidup mereka.
Karena itu, menulis momen spesial sangatlah
bertujuan penting, yakni:
- Karena
momen spesial itu kejadian yang real, menyentuh area yang emosional, dan
masuk ke dalam memori jangka panjang, maka sangat sulit dilupakan oleh pembaca
- Sangat
berpeluang menjadi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi, dan dicari
pembaca.
- Karena dialami sendiri, sehingga mudah untuk ditulis dengan gaya artikel bebas dan tidak seketat aturan artikel ilmiah.
Mari, Mengetuk 5 Lima Pintu
Ada 5 pintu yang dapat berfungsi
sebagai gateway, akses, atau pembuka bagi
sebuah momen menuju memori jangka panjang:
First experience
Dapat dikatakan bahwa semua orang
selalu mengingat kesan pertama atau first
experience. Setiap kejadian yang baru pernah dialami pertama kali selalu
masuk ke memori jangka panjang. Demikian pula apa yang dialami oleh seorang
siswa.
Relevance
Siswa akan memberikan perhatian penuh
kepada sebuah pengajaran atau pengalaman pembelajaran yang berkaitan langsung
dengan kehidupannya atau impian masa depannya. Dengan demikian, hal tersebut
akan masuk ke dalam memori jangka panjangnya
Rehearsal
Prinsip dasar pembelajaran adalah
dilakukan berulang-ulang. Otak manusia sangat mudah menyimpan sesuatu yang
diterima secara berulang-ulang dengan metode yang beranekaragam.
Emotional
Salah satu definisi rasa menurut KBBI
adalah tanggapan hati terhadap sesuatu (indra). Dengan demikian, perasaan
mengambil bagian penting dalam memberikan respon terhadap apa yang diterima
atau rangsangan yang didapat dari orang lain. Karena itu, seorang di dalam
pembelajarannya mesti tidak saja memperhatikan bagian kognitif tetapi perlu dan
harus menyentuh emosi dari siswa yang dididik. Guru perlumemperhatikan perasaan
apa yang sedang dialami oleh siswanya saat memasuki pembelajaran. Apakah ada
rasa bahagia, marah, benci, panik, terkejut, dan lain-lain sehingga guru dapat
menyentuh perasaan itu agar dapat masuk ke memori jangka panjangnya.
Survival
Salah satu poin penting dari hasil
pembelajaran adalah menghasilkan lulusan yang dapat menyelesaikan masalah dan
bertahan hidup. Namun, hal ini bukanlah hal yang mudah sehingga membutuhkan
perhtian penuh dan perjuangan dari guru terhadap siswa dan yang pasti bekerja
sama dengan orangtua siswanya. Karena itu, setiap cerita tentang survival ini akan menjadi cerita
yangmenarik dan masuk ke dalam memori jangka panjang siswa, guru, dan
orangtuanya.
Jka sudah mendapatkan gateway tersebut, sayang sekali jika
tidak diabadikan dalam bentuk tulisan. Tahapan menulis spesial momen adalah:
1.
Momen spesial tersebut langsung
ditulis pada saat itu juga atau saat terdekat dari waktu kejadian itu
2.
Melakukan elaborasi, yaitu menggarap
atau mengumpulkan data-data yang mendukung momen spesial itu, di samping
mengangkat cerita menggunakan imajinasi guru
3.
Menulis, kegiatan menulis dapat
dilakukan jika seluruh data telah terkumpul. Jika data sudah terkumpul maka
tulisan dalam format setelah itu kita dapat menuliskannya dalam bentuk artikel
bebas bisa dikerjakan
Guru, Orangtua, Sahabat Siswa
Semua ini akan dapat dikerjakan
dengan baik oleh guru, yakni menangkap momen spesial dan membuatnya menjadi
cerita yang menarik, menggugah kehidupan, dan menjadi motivasi dan inspirasi
jika guru dapat berperan tidak saja sebagai guru bagi siswa, tetapi juga
sebagai orangtua dan sahabat. Seorang guru yang memperjuangkan ha-hal ini akan dilabel
oleh siswa sebagai guru tegas. Seorang guru tegas akan dirindukan oleh siswanya
karena:
1.
sebagai guru mereka, memberikan ilmu
dan menuntun mereka kepada hikmat yang sejati
2.
menjadi orangtua mereka di sekolah,
memberikan nasihat-nasihat yang memberikan inspirasi bagi kehidupan yang benar
di masa kini dan nanti
3.
menjadi sahabat bagi mereka, guru
menjadi teman berbagi cerita dengan mereka
agar semua peran ini dapat secara
bijaksana terpenuhi maka perlu diberikan batasan yang jelas dan waktu yang
tepat.
Jika hal di atas tidak dapat
dilakukan oleh guru, maka akan sangat mungkin siswa akan memberi label kepada
guru itu sebagai guru killer atau
guru keras.
Mari Menuliskannya
Untuk menulis, mulai dengan kumpulkan
kejadian-kejadian yang dialami dalam bentuk tulisan-tulisan pendek, tetapi
harus satu per satu dari hal yang paling diingat dan berkesan, dan jangan
langsung semuanya.
Tambahan
Secara neurosains, awal dan akhir itu
sangat penting. Kejadian yang terjadi di situ akan tersimpan 80% tercatat di
otak siswa. Sebab itu, saat memulai pembelajaran, berikanlah apersepsi
(pendahuluan) yang menarik dan keren. Pendahuluan yang seperti itu biasanya
akan membuat siswa memberikan perhatian penuh dalam pembelajaran selanjutnya.
Seperti hal itu, juga dilakukan kepada kegiatan penutup. Di antara kedua hal
itu, lakukanlah student center learning.
Cerita dari peserta (Roni Bani-kupang-NTT)
Sebagai guru kelas sejak 1999 ada
saja moment spesial, sayangnya, pada waktu itu belum ada minat menulis. Minat
baca ada, bahkan bagi saya itu kebutuhan. Tapi, seiring dengan itu saya baru
mau menulis beberapa tahun kemudian, dan banyak sudah yang terlewati. Tapi,
saya tidak menulis apa yang terjadi antara saya sebagai dengan siswa di kelas
dalam moment-moment special itu. Satu ketika ada seorang siswa justru melakukan
sesuatu di luar dugaan saya. Ia menggambar situasi gurunya. Saat itu saya
membawa HP, Laptop, dan printer di kelas untuk kepentingan perkenalan dunia IT.
Moment itu justru digambar oleh seorang siswa. Gambar itu saya masih simpan
sampai sekarang. Sungguh menarik.
Materi malam ini mengingatkan untuk
mencatat apa saja yang diketahui dan berkesan dari moment-moment spesial
itu. Catatan-catatan itu akan dapat dibukukan. Catatan pengingat yang
baik tentulah BLOG. Terima kasih
Tanggapan Pak Munif
Dahsyat Pak Roni. Sy punya pengalaman
hampir sama. Tapi siswa memberikan puisi kepada saya tentang bagaimana gurunya
mengajar. Judulnya Guru Mengajar atau Aku Belajar. Puisi itu sampai sekarang sy
simpan. dan saya akhirnya tulis jadi artikel bebas ttg puisi itu.
Petikan Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi dari Peserta
1.
Saya sangat terkesan dengan
penjelasan Bapak Munif Chatib. Selama ini banyak sekali momen spesial selama
saya mengajar dengan berbagai level siswa dan berbagai background pendidikan.
Hanya saja momen-momen itu hanya sekedar saya ingat, belum pernah saya tulis.
Setelah mendengar penjelasan saya, saya menjadi bersemangat untuk memulai
menulis. Terima kasih Bapak.
2.
Saya baru sadar ternyata banyak momen
spesial dengan murid-murid saya yang terlewat begitu saja. Murid nakal tentu
saja ada karena memang demikianlah sifat di usia mereka. Tapi saat nakalnya
berubah menjadi suatu bakat yang bisa membanggakan saya dan orang tuanya itu
adalah suatu hal yang luar biasa. Murid yang pendiam dan pemalu pasti ada.
Namun ketika diamnya berganti menjadi tarian dan lagu adalah hal yang hebat.
Dan banyak momen lain yang hampir saya lupa yang akhirnya teringat kembali
malam ini.Terima kasih pak Munif Chatib atas kuliah singkatnya malam ini
3.
Salam kenal pak munif. Materinya
sangat bagus sekali.Pernah mengalami ada di kelas yg cap nakal. 3 moment
spesial tadi sudah saya terapkan di kelas dan alhamdulillah ada perubahan
siswa. Sebetulnya tidak ada siswa yg nakal hanya mungkin kita yg harus lebih
dekat dengan siswa. Hal yg saya lakukan di kelas, belajar diawali senyum dan
semangat 45. Jika saat memberi latihan, jawaban siswa salah, maka saya suka
memakai istilah CBL(COBA LAGI), klo jawaban kedua salah CBT(COBA TERUS), klo
jawaban ke 3 masih salah CBTSB(COBA TERUS SAMPAI BISA). Hindari
mengajar dengan muka masam. Alhamdulillah, siswa yg belajar dengan saya
baik semuanya.
Aam nurhasanah Lebak Banten
Beberapa petikan dari sesi tanya jawab
Pertanyaan
om jay dari 5 momen yang masuk memori
jangka panjang, mana yang paling mudah untuk kita tulis?
pak Supyanto
jawaban
sebenarnya bukan mana yg paling mudah
untuk ditulis, tapi mana kejadian yg sedang terjadi pd saat itu, saat
terjadinya momen spesial. Kesimpuannya semua bisa kita tulis, tergantung
kejadiannya.
Pertanyaan
Bagaimana cara mengajar sederhana
ttpi siswa dapat memahami dan dapat memperhatikan dengan jelas akurat dan
cepat?
pak rahmat danu yogyakarta
Jawaban
Kalau saya, mengajar itu yg
terpenting ada pada awalnya, pendahuluannya. Harus keren. saya biasa sebut
apersepsi. Jika apersepsi berhasil, biasanya siswa tertarik utk belajar,
sehingga kemungkinan besar paham. Yg kedua adalah bagian penutup. Juga harus
keren, berupa kesimpulan ttg hikmah dari materi ajar. Ingat secara neurosains,
awal dan akhir itu penting dan itu yg 80% teratat di otak siswa kita. Ketiga
baru memilih metode yg student center learning. Metoe ini tempatnya di tengah.
Seperti itu.
Pertanyaan
Apakah boleh kalo suka duka dalam
mengajar itu ditulis dalam blog dan terkesan curhat?
utani andarini gunung kidul
Yogyakarta
Jawaban
boleh-boleh saja, tapi harus ditutup dengan
kesimpulan yg jelas atau semacam pernyataan kepada pembacanya. Hal ini berupa
pesan moral atau info apa yg ingin dibagi oleh penulis.
Pertanyaan
Pak, selama ini saya dilabel sbg guru
killer. Bagaimana mengubahnya menjadi momen spesial positif?
Terima kasih.
Waryanto
Jawaban
Harus dibedakan antara guru keras dan
guru tegas. Guru killer adalah sebutan untuk guru keras. Ciri2nya, guru keras
berdampak akan dijauhi, dihindari oleh siswa. Namun guru tegas, sebaliknya,
akan dirindukan oleh siswanya. Percayalah zaman sekarang, siswa kita butuh guru
yg tegas. Kedisiplinan yg diterapkan oleh guru tegas akan menjadi unsur siswa
suka kepada gurunya.
Pertanyaan
Satu hal yang saya temui sekarang
bagaimana memotivasi guru yang lain untuk lebih inovatif dan menarik dalam
mengajar. kebetulan teman-teman guru kami sering ijin tidak dapat hadir karena
kesibukan, padahal mereka sudah dijadwal dan diberikan surat perintah.
ibu Nani
Jawaban
sikap kita yg bijak terhadap teman2
guru yg tidak kreatif, atau tdk mendukung usaha kita utk kreatif, seprti
kebiasaan menulis dan lain-lain sebenarnya sederhana. Yaitu selalu share kepada
mereka karya kita, meskipun itu hanya 2 lembar artikel. Lalu sampaikan
pertanyaan, kapan ya bisa dibalas juga dengan menunjukkan karya guru tersebut.
jangan bosan2 menunjukkan atau share karya2 kita.
Pertanyaan
Sangat menikmati alunanan
instrumental yg pas dengan intonasi suara dalam vidio materi yang bapak
sampaikan,sesekali saya menutup mata menghayati kalimat kalimat bapak yg
sangat menginspirasi.Tentang momen momen spesial rasanya saya sering mengalami
itu ketika mengajar, sebagian anak yg dekat dengan saya biasa mereka curhat
kepada saya padahal saya bukan wali kelas ataupun guru BK.Bahkan hingga
sekarang mereka sdh lulus dan kuliah d luar mereka tetap intens menghubungi via
inbox Fb atau wa. Banyak hal berharga yg mereka ajarkan kepada saya namun yg
saya lihat rata rata anak anak itu adalah anak anak yg tidak mendapatkan
perhatian dari orang tua.Pertanyaan saya bapak, ketika kita menulis momen
spesial itu apakah nama nama tokoh harus kita tuliskan didalam cerita?
Trima kasih, Eva Kupang NT
Jawaban
Kalau tulisan terrsebut dapat mejadi
inspirasibagi pembacanya, biasanya saya langsung tulis nama siswa, sekolah dan
kelasnya. Namun jika terdapat hal-hal yang privasi, saya sumirkan.
Pertanyaan
saya sering sulit menghadapi siswa
yang oper akting, ada solusi? Ibu Wafa
Jawaban
Ya, siswa kita memang beragam. anak
yg over acting, biasanya ingin diperhatikan. Menurut saya kita harus perhatikan
anak tsb sesuai porsinya. Terkadang dengan membagi perhatian kita kepada
teman2nya yg lain, akan membuat siswa yg bersangkutan sadar ttg makna porsi
perhatian tersebut.
Pertanyaan
Om Jay maaf kalau ada anak yang super
bandel kalau kita ajar tidak nurut hanya mengganggu temannya. Tetapi ikut
belajar cuma ganggu dan usil saja. Kalau diingatkan marah dan bilang mesti bu
Pri begitu aku terus yang dimarahi. Padahal memang dia bandel. Ke semua guru.
Mengerjakan tetapi usil. Tapi kalau diluar kelas pasti mencari saya , menegur
dll. Bagaimana caranya ? Pernah diberi materi karena lampu mati dikelas kita
pindah ke teras Mushalla malah tiduran. Dan saya memang tidak pernah /
tidak bisa menegur dengan kasar. Kalau melihat anak rasanya selalu iba. Kalau
dimarahi atau ditegur agak keras dia menunduk saya ikut sedih. Mohon sarannya.
Ibu Prihariyani Semarang
Jawaban
Utk bu Priharyani Semarang:
Percayalah maind set kita harus kita tata dulu bahwa TIDAK ADA ANAK YG NAKAL,
YG ADA ADALAH ANAK YG KEBUTUHANNYA BELUM TERPENUHI. Jika kita sudah sepakat dg
paradigma ini, maka kita akan fokus kebutuhan apakah yg belum terpenuhi dari
anak tsb. ketika kita melakukan pnedekatan utk cari tahu kebutuhan yg belum
terpenuhi, maka si anak bandel itu akan punya perasaan bahwa dia ternyata
diperhatikan. dan gurunya berusaha utk membantunya. Seperti dalam artikel yg
saya share di kuiah grup ini.
Pertanyaan
Sy sdh lht video dr pemateri td bpk
munif..
Klo sy bs mengetahui mn momen special
saat kt mengajar klo kt pny insting dlm mencermati setiap apa yg kt lakukan /
tjd di kelas...cm bgmn memunculkan seni mengajar yg baik pd diri kita sbg guru
agar guru tdk bosan d kelas...mungkin itu yg perlu sy tnykn...trimkasih. Nowo
beny
Jawaban
Utk pak Nowo Beny: Seni mengajar itu
bukan bakat, tapi bisa dipelajari. Seperti yg saya jawab di atas. Seni mengajar
agar siswa tertarik dimulai dari apersepsi yg menarik.
Pertanyaan
Bagaimana cara memunculkan perasaan
peka terhadap momen spesial, orang seperti saya merasa datar2 saja dalam
mengajar, mungkin bagi sebagian guru menemukan banyak momen spesial. Fenti
Indraiastuti
Jawaban
Memang perlu latihan. Coba setelah
mengajar bertanyalah kepada diri kita sediri. 1. Apakah ada siswa yg tidak
mempehatikan penjelasan kita. Coba lanjutkan dg pertanyaan kenapa? 2. Apakah
ada siswa yang membantah kita? kenapa? Jadi cara menumbukan spesial momen
dengan memperhatikan negatif karakter yg terjadi di kelas. Percayalah kita
lebih mudah mengamati karakter negatif daripada karakter positi siswa2 kita.
Pertanyaan
Ada hal yang ingin saya tanyakan
mengenai 5 pintu untuk menciptakan moment spesial d antranya menghadirkan
emotional ketika kita mengajar, lalu
1.
Bagaimanakah cara kita untuk
memasukkan pintu emotional trsebut ke dalam Pembelajaran kita?
2.
Apakah hypno teaching (Pemberian
sugesti positif kepada siswa) bisa menjadi salah satu caranya dan?
3.
bagaimanakah cara mengoptimalkan
emotional tersebut agar kita bsa menemukan moment spesial dalam proses
belajar sebagai bhan menulis untuk kita?
Pak Hikmat Jakarta:
Jawaban
1.
Emosional itu adalah perasaan yg
bermacam-macam, dari suka maupun duka. Rahasianya pada saat kita mulai dari
apersepsi dan penutup. Metode apapun akan menjadi hidup dan emotional, ketika
awal dan akhirnya keren. Apalagi kita bisa menghubungkan materi ajar dengan
kejadian yg dialami siswa2 kita secara personal. Saya pernah mengajar di SD
kelas 2 di Sidoarjo jawa timur, ketika terjadi bencana lumpur lapindo. Saya
menggunakan aperspsi ttg bencana tersebut dan beberapa siswa menangis sebab
rumah keluarga mereka ada yg terkena bencana tersebut
2.
Utk hypno teaching saya rasa bisa
juga kita gunakan. Meskipun jujur saya kurang ahli dalam masalah ini..
3.
Cara optimalkan emotinal dengan
refleksi diakhir pertemuan dengan menanyakan harapan setelah mendapat materi
ini. Harapan ini bisa apa saja, misalnya dg bertanya kepada orgtuanya ketika
pulang sekolah, atau tantangan membuat proyek2 belajar yg berkaitan dg materi.
Pertanyaan
Dalam menulis moment spesial ini
apakah ada pembatasan jumlah paragraf (harus sekian paragraf) sehingga tulisan
itu masuk kategori artikel?
Agus Purwadi, Ponjong.
Jawaban
Jenis tulisannya adalah artikel
bebas. jadi tidak terikat dengan ketentuan artikel ilmiah. Percayalah karya
tulis yg paling banyak dibaca adalah novel, karena mengandung unsur imajinasi
yg memang disukai manusia. Novel adalah tulisan yg bersifat bebas.
Pertanyaan
Dalam bertugas,saya sering
mendapatkan momen spesial untuk memori jangka panjang, waktu
mendapatkannya dalam pikiran banyak yang akan ditulis tetapi tidak sempat
menulisnya. Pada waktu malam akan menuliskannya hilanglah kata-kata yang siang
akan ditulis itu. Bagaimana solusinya?
Supyanto
Jawaban
Utk Supyanto: Lupa apa yg ditulis
pada malam hari, sebenarnya adalah kita saja yg perlu latihan menulis. Ayo kita
jadikan kebiasaan sehat. Insyallah nanti Allah memberi kemudahan kita
menulisnya. Ingat dalam kerajinan kita menulis ada unsur kebiasaan.
Pertanyaan
1.
Bagaimana menyusun kata kata yang
indah tuntut enak dan mudah dipahami oleh pembaca. Karena terkadang
susunan kalimat atau tata bahasa kurang pas.
2.
pada kelas spesial terkadang ada yg
menyenangkan dan kadang ada yang menyedihkan. Karena ada siswa yang
memiliki kelainan (ABK). Dan pada kelas spesial terkadang menambah beban
pikiran guru. Pinginnya guru hasil tentunya menginginkan babus srmua.
Tapi hal tersebut tdk bisa tercapai. Bagaimana mengatasinya
Rufiatun
Jawaban
1.
Tulis aja dulu. Harus yakin tulisan
kita sendiri enak dibaca. Nanti pada saat edit, barulah kita mulai belajar
untuk menulis lebih dulu. Proses edit bisa juga kita minta tolong untuk dibaca
oleh teman, dan meminta pendapatnya.
2.
Utk kelas inklusi, yg ada ABKnya harus
ada individual education program, yaitu reduksi silabus darikurikulum reguler.
Tidak boleh disamakan dg siswa reguler.
Pertanyaan
saya punya pengalaman dengan anak didik
yang begitu dekat, ketika saya berulang tahun dia hadiahkan sebuah foto yang
sedang bersamanya, lalu dia letakan bingkai itu di meja kerja saya. Namun hal
itu membuat siswa lain cemburu. Bagaimana cara saya menyikapi hal ini? Saya
Eni. R dari Banten
Jawaban
Wow momen spesial, harus berterima
kasih dan harus ditulis menjadi artikel, minta siswa tersebut membaca artikel
ibu. Pasti keren
Pertanyaan
ada saj guru yg tdk mau tahu inovasi
pembelajaran dan tetap pada pendiriannya bahwa siswa tdk butuh hal baru dlm
pembelajaran. Baginya, caranya sdh paling tepat.
Bagaimana menghadapi guru spt. itu
Pak? Sedangkan kepala sekolah pun tdk mampu menegur guru tsb. Terima kasih
ilmunya
Ummi Aymeera Jatim
Jawaban
Tidak usah terlalu dipikirkan sikap
guru yg tidak mau berubah. Teruslah kita tetap kreatif. Saya sering mengalami
hal tsb. Saya jalan aja terus. Nanti hasilnya adalah informasi dari pihak ketiga,
yaitu siswa kita. JIka ada siswa yg suka dg cara ngajar kita. Mereka tertarik
dan merindukan kita, itu saja cukup buat kita utk modal bahwa kita sudah on the
right track. Jangan putus asa bu Ummi.
Pertanyaan
Seandainya kita mendapatkan momen
spesial yang negatif, lalu ditulis dan dikembangkan apakah tidak melukai
perasaan siswa. Rusmin Kalsel.
Jawaban
Utk Rusmi Kalsel: Momen negatif
biasanya lebih banyak memunculkan pembelajaran buat kita. Masih ingat ada
kata-kata orang bijak: JANGAN TAKUT SALAH, SEBAB ITULAH JALAN UNTUK MENDAPATKAN
KEBENARAN. Bahkan momen negatif lebih memeri muatan emosional yg lebih kuat.
Hanya saja kejadian dan nama gunakan inisial saja.
Pertanyaan
pada saat mengajar dari pendahuluan
sampai penutup, di saat dilakukan pembelajaran jarak jauh, bgmn cara mencari
ato merekam momen spesial pd siswa, krn kita tdk secara langs bertatap muka,
mhn penjelasan, terima kasih. Apa benar yg namanya monen spesial itu misalnya
Bapak memberi materi ini melalui video yg sy lht terlebih dahulu adalah Bapak
seorang yg santai rileks dan berwibawa melihat dr foto,apakah itu yg namanya
momen spesial?. Mudafiatun Lumajang
Jawaban
Susah mendapatkan spesial momen dg
pembelajran online. Yg bisa dilakukan adalah membaca feedback yg diberikan dari
guru kepada siswanya. Sayang sekali, banyak guru dalam belajar online dg
siswanya malah banyak memberi tugas, bukan meminta feedback dari siswanya. Saya
orangnya santai ibu. Kalau tidak percaya tanya Om Jay
Pertanyaan
Ketika kita dapat moment special
dalam mengajar, bagaimana kita mengembangkan ide tersebut agar yang awalnya satu
baris menjadi satu halaman? Ini merupakan kelemahan saya dalam menulis, mohon
tips nya dari bapak! . Mausul
Jawaban
Dari sebuah kalimat momen spesial,
bisa dapat dikembangkan menjadi beberap aparagraf. Banyak cara. Kalau saya saya
mulai dengan identifikasi masalahnya apa. Cari tahu penyebabnya apa. Cari tahu
ttg dampak jika masalah tidak selesai. Hikmah kejadian itu apa. Nah silahkan
mencoba.
Resume Belajar Menulis Online Gel 7
Bersama Bapak Munif Chatib
3 April 2020
Penulis:
Grefer E. D. Pollo, dari SDH Kupang
Prov. NTT, Blog: halobelajarsesuatu.blogspot.com, Email: greferedominggu.pollo@gmail.com,
IG: ged.pollo
0 comments:
Post a Comment