Tuesday, April 28, 2020

Momen Spesial Dalam Tulisan



momen spesial dalam tulisan
Jika Anda percaya bahwa hidup ini adalah kesempatan, pastilah Anda tidak akan melewatkan suatu momen tanpa menjadikannya bermakna. Jika Anda yakin bahwa hidup ini adalah anugerah, maka pastilah Anda tidak akan menyia-nyiakan satu detikpun dalam hidup ini. Jika Anda adalah seorang guru dan sadar betul akan panggilan Anda untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memanusiakan manusia, dan mengembalikannya kepada citra Allah, Penciptanya, maka Anda tidak akan menyiakan-nyiakan tiap momen dalam pembelajaran Anda di dalam dan di luar kelas, serta Anda akan mengabadikan momen tersebut tidak saja dalam sanubari Anda sehingga hanya Anda saja yang menyimpannya, tetapi juga pada lembaran-lembaran kertas tak bernyawa sehingga dapat dibaca oleh setiap mereka yang bernyawa supaya hidup mereka menjadi bermakna.


Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar
Pertemuan keenam, Jumat, 3 April 2020, pukul 19.00-21.00 WIB dari Belajar Menulis via WA ini diadministrasi oleh Bapak Wijaya Kusumah yang sering disapa Omjay dengan pemateri Bapak Munif Chatib. Beliau adalah konsultan, praktisi pendidikan dan penulis buku pendidikan popular, dilahirkan pada tanggal 5 Juli di Surabaya, dan penulis dari dua buku best-seller Sekolahnya Manusia dan Gurunya Manusia. Saat ini, Bapak Munif Chatib menjabat sebagai CEO NEXT EDU INDONESIA, yakni sebuah lembaga konsultan dan pelatihan guru di seluruh Indonesia dan luar negeri. Biodata selengkapnya dari beliau bisa dilihat di:  https://munifchatib.com/.
Memulai kuliahnya, Pak Munif mengajak seluruh peserta untuk memperhatikan tiga metode belajar mala mini, yakni:
1. Menonton video MENULIS MOMEN SPESIAL lewat link youtube, selama 13 menit: https://youtu.be/-tGJsRRQrV0
2.      Lihat pdf contoh artikel bebas momen spesial.
3.      Berdiskusi


Menangkap Momen, Merekam Peristiwa

 







Kelas itu sangat dinamis. Dalam 1 pertemuan di kelas yang rata-rata mungkin tidak lebih 90 menit, seorang guru dapat mengambil puluhan keputusan demi mengelola kelas dan menyesuaikan diri dengan keadaan siswanya. Keputusan-keputusan itu sangat mungkin tidak sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dia siapkan. Keputusan yang diambil oleh guru akan menjadi haluan bagi keadaan selanjutnya, dan menciptakan beragam momen, salah satunya momen yang sangat berharga dan memberi kesan bagi siswa seumur hidupnya.

Momen yang sangat  berharga itu akan menjadi momen yang spesial. Spesial karena mungkin saja itu tidak akan terulang lagi, atau karena akan mengubah hidup seseorang dan dikenang sepanjang hidupnya. Menurut Bapak Munif Chatib, momen special adalah kejadian khusus yang terjadi antara guru dan siswa baik di dalam maupun di luar kelas yang sangat mampu masuk ke dalam memori jangka panjang siswa sehingga tidak akan terlupakan dalam seumur hidupnya. Momen Spesial yang terjadi dalam pembelajaran meliputi:
  1. Perubahan motivasi
Misalnya, siswa yang sebelumnya tidak memiliki motivasi untuk belajar sehingga prestasi akademik dan nonakademiknya menurun, lalu sesuatu terjadi, dan melalui sentuhan guru dia termotivasi untuk belajar.
  1. Perubahan kemampuan
Misalnya, siswa yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan dalam mata pelajaran tertentu, lalu gurunya melakukan pendekatan dengan cara tertentu yang sesuai dengan gaya belajar, bahasa kasih, dan kemampuan itu siswa sehingga kemampuannya meningkat
  1. Perubahan sikap
Banyak guru yang pasti sering berhadapan dengan siswa yang memiliki sikap dan tindakan yang tidak diharapkan, namun, banyak guru dan siswa yang dapat menceritakan pengalaman mereka dalm interaksi guru dan siswa yang mengubahkan hidup mereka.

 








Karena itu, menulis momen spesial sangatlah bertujuan penting, yakni:
  1. Karena momen spesial itu kejadian yang real, menyentuh area yang emosional, dan masuk ke dalam memori jangka panjang, maka sangat sulit dilupakan oleh pembaca
  2. Sangat berpeluang menjadi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi, dan dicari pembaca.
  1. Karena dialami sendiri, sehingga mudah untuk ditulis dengan gaya artikel bebas dan tidak seketat aturan artikel ilmiah.
Mari, Mengetuk 5 Lima Pintu





Ada 5 pintu yang dapat berfungsi sebagai gateway, akses, atau pembuka bagi sebuah momen menuju memori jangka panjang:
First experience
Dapat dikatakan bahwa semua orang selalu mengingat kesan pertama atau first experience. Setiap kejadian yang baru pernah dialami pertama kali selalu masuk ke memori jangka panjang. Demikian pula apa yang dialami oleh seorang siswa.

Relevance
Siswa akan memberikan perhatian penuh kepada sebuah pengajaran atau pengalaman pembelajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupannya atau impian masa depannya. Dengan demikian, hal tersebut akan masuk ke dalam memori jangka panjangnya

Rehearsal
Prinsip dasar pembelajaran adalah dilakukan berulang-ulang. Otak manusia sangat mudah menyimpan sesuatu yang diterima secara berulang-ulang dengan metode yang beranekaragam.

Emotional
Salah satu definisi rasa menurut KBBI adalah tanggapan hati terhadap sesuatu (indra). Dengan demikian, perasaan mengambil bagian penting dalam memberikan respon terhadap apa yang diterima atau rangsangan yang didapat dari orang lain. Karena itu, seorang di dalam pembelajarannya mesti tidak saja memperhatikan bagian kognitif tetapi perlu dan harus menyentuh emosi dari siswa yang dididik. Guru perlumemperhatikan perasaan apa yang sedang dialami oleh siswanya saat memasuki pembelajaran. Apakah ada rasa bahagia, marah, benci, panik, terkejut, dan lain-lain sehingga guru dapat menyentuh perasaan itu agar dapat masuk ke memori jangka panjangnya.

Survival
Salah satu poin penting dari hasil pembelajaran adalah menghasilkan lulusan yang dapat menyelesaikan masalah dan bertahan hidup. Namun, hal ini bukanlah hal yang mudah sehingga membutuhkan perhtian penuh dan perjuangan dari guru terhadap siswa dan yang pasti bekerja sama dengan orangtua siswanya. Karena itu, setiap cerita tentang survival ini akan menjadi cerita yangmenarik dan masuk ke dalam memori jangka panjang siswa, guru, dan orangtuanya.

Jka sudah mendapatkan gateway tersebut, sayang sekali jika tidak diabadikan dalam bentuk tulisan. Tahapan menulis spesial momen adalah:
1.      Momen spesial tersebut langsung ditulis pada saat itu juga atau saat terdekat dari waktu kejadian itu
2.      Melakukan elaborasi, yaitu menggarap atau mengumpulkan data-data yang mendukung momen spesial itu, di samping mengangkat cerita menggunakan imajinasi guru
3.      Menulis, kegiatan menulis dapat dilakukan jika seluruh data telah terkumpul. Jika data sudah terkumpul maka tulisan dalam format setelah itu kita dapat menuliskannya dalam bentuk artikel bebas bisa dikerjakan

Guru, Orangtua, Sahabat Siswa
Semua ini akan dapat dikerjakan dengan baik oleh guru, yakni menangkap momen spesial dan membuatnya menjadi cerita yang menarik, menggugah kehidupan, dan menjadi motivasi dan inspirasi jika guru dapat berperan tidak saja sebagai guru bagi siswa, tetapi juga sebagai orangtua dan sahabat. Seorang guru yang memperjuangkan ha-hal ini akan dilabel oleh siswa sebagai guru tegas. Seorang guru tegas akan dirindukan oleh siswanya karena:
1.      sebagai guru mereka, memberikan ilmu dan menuntun mereka kepada hikmat yang sejati
2.      menjadi orangtua mereka di sekolah, memberikan nasihat-nasihat yang memberikan inspirasi bagi kehidupan yang benar di masa kini dan nanti
3.      menjadi sahabat bagi mereka, guru menjadi teman berbagi cerita dengan mereka

agar semua peran ini dapat secara bijaksana terpenuhi maka perlu diberikan batasan yang jelas dan waktu yang tepat.


Jika hal di atas tidak dapat dilakukan oleh guru, maka akan sangat mungkin siswa akan memberi label kepada guru itu sebagai guru killer atau guru keras.

Mari Menuliskannya
Untuk menulis, mulai dengan kumpulkan kejadian-kejadian yang dialami dalam bentuk tulisan-tulisan pendek, tetapi harus satu per satu dari hal yang paling diingat dan berkesan, dan jangan langsung semuanya.



Tambahan
Secara neurosains, awal dan akhir itu sangat penting. Kejadian yang terjadi di situ akan tersimpan 80% tercatat di otak siswa. Sebab itu, saat memulai pembelajaran, berikanlah apersepsi (pendahuluan) yang menarik dan keren. Pendahuluan yang seperti itu biasanya akan membuat siswa memberikan perhatian penuh dalam pembelajaran selanjutnya. Seperti hal itu, juga dilakukan kepada kegiatan penutup. Di antara kedua hal itu, lakukanlah student center learning.


Cerita dari peserta (Roni Bani-kupang-NTT)
Sebagai guru kelas sejak 1999 ada saja moment spesial, sayangnya, pada waktu itu belum ada minat menulis. Minat baca ada, bahkan bagi saya itu kebutuhan. Tapi, seiring dengan itu saya baru mau menulis beberapa tahun kemudian, dan banyak sudah yang terlewati. Tapi, saya tidak menulis apa yang terjadi antara saya sebagai dengan siswa di kelas dalam moment-moment special itu. Satu ketika ada seorang siswa justru melakukan sesuatu di luar dugaan saya. Ia menggambar situasi gurunya. Saat itu saya membawa HP, Laptop, dan printer di kelas untuk kepentingan perkenalan dunia IT. Moment itu justru digambar oleh seorang siswa. Gambar itu saya masih simpan sampai sekarang. Sungguh menarik.
Materi malam ini mengingatkan untuk mencatat apa saja yang diketahui dan berkesan dari moment-moment spesial itu.  Catatan-catatan itu akan dapat dibukukan. Catatan pengingat yang baik tentulah BLOG. Terima kasih
Tanggapan Pak Munif
Dahsyat Pak Roni. Sy punya pengalaman hampir sama. Tapi siswa memberikan puisi kepada saya tentang bagaimana gurunya mengajar. Judulnya Guru Mengajar atau Aku Belajar. Puisi itu sampai sekarang sy simpan. dan saya akhirnya tulis jadi artikel bebas ttg puisi itu.

Petikan Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi dari Peserta
1.      Saya sangat terkesan dengan penjelasan Bapak Munif Chatib. Selama ini banyak sekali momen spesial selama saya mengajar dengan berbagai level siswa dan berbagai background pendidikan. Hanya saja momen-momen itu hanya sekedar saya ingat, belum pernah saya tulis. Setelah mendengar penjelasan saya, saya menjadi bersemangat untuk memulai menulis. Terima kasih Bapak.
2.      Saya baru sadar ternyata banyak momen spesial dengan murid-murid saya yang terlewat begitu saja. Murid nakal tentu saja ada karena memang demikianlah sifat di usia mereka. Tapi saat nakalnya berubah menjadi suatu bakat yang bisa membanggakan saya dan orang tuanya itu adalah suatu hal yang luar biasa. Murid yang pendiam dan pemalu pasti ada. Namun ketika diamnya berganti menjadi tarian dan lagu adalah hal yang hebat. Dan banyak momen lain yang hampir saya lupa yang akhirnya teringat kembali malam ini.Terima kasih pak Munif Chatib atas kuliah singkatnya malam ini
3.      Salam kenal pak munif. Materinya sangat bagus sekali.Pernah mengalami ada di kelas yg cap nakal. 3 moment spesial tadi sudah saya terapkan di kelas dan alhamdulillah ada perubahan siswa. Sebetulnya tidak ada siswa yg nakal hanya mungkin kita yg harus lebih dekat dengan siswa. Hal yg saya lakukan di kelas, belajar diawali senyum dan semangat 45. Jika saat memberi latihan, jawaban siswa salah, maka saya suka memakai istilah CBL(COBA LAGI), klo jawaban kedua salah CBT(COBA TERUS), klo jawaban ke 3 masih salah   CBTSB(COBA TERUS SAMPAI BISA). Hindari mengajar dengan muka masam.  Alhamdulillah, siswa yg belajar dengan saya baik semuanya.
Aam nurhasanah Lebak Banten

Beberapa petikan dari sesi tanya jawab
Pertanyaan
om jay dari 5 momen yang masuk memori jangka panjang, mana yang paling mudah untuk kita tulis?
pak Supyanto
jawaban
sebenarnya bukan mana yg paling mudah untuk ditulis, tapi mana kejadian yg sedang terjadi pd saat itu, saat terjadinya momen spesial. Kesimpuannya semua bisa kita tulis, tergantung kejadiannya.

Pertanyaan
Bagaimana cara mengajar sederhana ttpi siswa dapat memahami dan dapat memperhatikan dengan jelas akurat dan cepat?
pak rahmat danu yogyakarta
Jawaban
Kalau saya, mengajar itu yg terpenting ada pada awalnya, pendahuluannya. Harus keren. saya biasa sebut apersepsi. Jika apersepsi berhasil, biasanya siswa tertarik utk belajar, sehingga kemungkinan besar paham. Yg kedua adalah bagian penutup. Juga harus keren, berupa kesimpulan ttg hikmah dari materi ajar. Ingat secara neurosains, awal dan akhir itu penting dan itu yg 80% teratat di otak siswa kita. Ketiga baru memilih metode yg student center learning. Metoe ini tempatnya di tengah. Seperti itu.

Pertanyaan
Apakah boleh kalo suka duka dalam mengajar itu ditulis dalam blog dan terkesan curhat?
utani andarini gunung kidul Yogyakarta
Jawaban
boleh-boleh saja, tapi harus ditutup dengan kesimpulan yg jelas atau semacam pernyataan kepada pembacanya. Hal ini berupa pesan moral atau info apa yg ingin dibagi oleh penulis.

Pertanyaan
Pak, selama ini saya dilabel sbg guru killer. Bagaimana mengubahnya menjadi momen spesial positif?
Terima kasih.
Waryanto
Jawaban
Harus dibedakan antara guru keras dan guru tegas. Guru killer adalah sebutan untuk guru keras. Ciri2nya, guru keras berdampak akan dijauhi, dihindari oleh siswa. Namun guru tegas, sebaliknya, akan dirindukan oleh siswanya. Percayalah zaman sekarang, siswa kita butuh guru yg tegas. Kedisiplinan yg diterapkan oleh guru tegas akan menjadi unsur siswa suka kepada gurunya.



Pertanyaan
Satu hal yang saya temui sekarang bagaimana memotivasi guru yang lain untuk lebih inovatif dan menarik dalam mengajar. kebetulan teman-teman guru kami sering ijin tidak dapat hadir karena kesibukan, padahal mereka sudah dijadwal dan diberikan surat perintah.
ibu Nani
Jawaban
sikap kita yg bijak terhadap teman2 guru yg tidak kreatif, atau tdk mendukung usaha kita utk kreatif, seprti kebiasaan menulis dan lain-lain sebenarnya sederhana. Yaitu selalu share kepada mereka karya kita, meskipun itu hanya 2 lembar artikel. Lalu sampaikan pertanyaan, kapan ya bisa dibalas juga dengan menunjukkan karya guru tersebut. jangan bosan2 menunjukkan atau share karya2 kita.

Pertanyaan
Sangat menikmati alunanan instrumental yg pas dengan intonasi suara dalam vidio materi yang bapak sampaikan,sesekali saya menutup mata menghayati  kalimat kalimat bapak yg sangat menginspirasi.Tentang momen momen spesial rasanya saya sering mengalami itu ketika mengajar, sebagian anak yg dekat dengan saya biasa mereka curhat kepada saya padahal saya bukan wali kelas ataupun guru BK.Bahkan hingga sekarang mereka sdh lulus dan kuliah d luar mereka tetap intens menghubungi via inbox Fb atau wa. Banyak hal berharga yg mereka ajarkan kepada saya namun yg saya lihat rata rata anak anak itu adalah anak anak yg tidak mendapatkan perhatian dari orang tua.Pertanyaan saya bapak, ketika kita menulis momen spesial itu apakah nama nama tokoh harus kita tuliskan didalam cerita? 
Trima kasih, Eva Kupang NT
Jawaban
Kalau tulisan terrsebut dapat mejadi inspirasibagi pembacanya, biasanya saya langsung tulis nama siswa, sekolah dan kelasnya. Namun jika terdapat hal-hal yang privasi, saya sumirkan.

Pertanyaan
saya sering sulit menghadapi siswa yang oper akting, ada solusi? Ibu Wafa
Jawaban
Ya, siswa kita memang beragam. anak yg over acting, biasanya ingin diperhatikan. Menurut saya kita harus perhatikan anak tsb sesuai porsinya. Terkadang dengan membagi perhatian kita kepada teman2nya yg lain, akan membuat siswa yg bersangkutan sadar ttg makna porsi perhatian tersebut.

Pertanyaan
Om Jay maaf kalau ada anak yang super bandel kalau kita ajar tidak nurut hanya mengganggu temannya. Tetapi ikut belajar cuma ganggu dan usil saja. Kalau diingatkan marah dan bilang mesti bu Pri begitu aku terus yang dimarahi. Padahal memang dia bandel. Ke semua guru. Mengerjakan tetapi usil. Tapi kalau diluar kelas pasti mencari saya , menegur dll. Bagaimana caranya ? Pernah diberi materi karena lampu mati dikelas kita pindah ke  teras Mushalla malah tiduran. Dan saya memang tidak pernah / tidak bisa menegur dengan kasar. Kalau melihat anak rasanya selalu iba. Kalau dimarahi atau ditegur agak keras dia menunduk saya ikut sedih. Mohon sarannya. Ibu Prihariyani Semarang
Jawaban
Utk bu Priharyani Semarang: Percayalah maind set kita harus kita tata dulu bahwa TIDAK ADA ANAK YG NAKAL, YG ADA ADALAH ANAK YG KEBUTUHANNYA BELUM TERPENUHI. Jika kita sudah sepakat dg paradigma ini, maka kita akan fokus kebutuhan apakah yg belum terpenuhi dari anak tsb. ketika kita melakukan pnedekatan utk cari tahu kebutuhan yg belum terpenuhi, maka si anak bandel itu akan punya perasaan bahwa dia ternyata diperhatikan. dan gurunya berusaha utk membantunya. Seperti dalam artikel yg saya share di kuiah grup ini.

Pertanyaan
Sy sdh lht video dr pemateri td bpk munif..
Klo sy bs mengetahui mn momen special saat kt mengajar klo kt pny insting dlm mencermati setiap apa yg kt lakukan / tjd di kelas...cm bgmn memunculkan seni mengajar yg baik pd diri kita sbg guru agar guru tdk bosan d kelas...mungkin itu yg perlu sy tnykn...trimkasih. Nowo beny
Jawaban
Utk pak Nowo Beny: Seni mengajar itu bukan bakat, tapi bisa dipelajari. Seperti yg saya jawab di atas. Seni mengajar agar siswa tertarik dimulai dari apersepsi yg menarik.

Pertanyaan
Bagaimana cara memunculkan perasaan peka terhadap momen spesial, orang seperti saya merasa datar2 saja dalam mengajar, mungkin bagi sebagian guru menemukan banyak momen spesial. Fenti Indraiastuti

Jawaban
Memang perlu latihan. Coba setelah mengajar bertanyalah kepada diri kita sediri. 1. Apakah ada siswa yg tidak mempehatikan penjelasan kita. Coba lanjutkan dg pertanyaan kenapa? 2. Apakah ada siswa yang membantah kita? kenapa? Jadi cara menumbukan spesial momen dengan memperhatikan negatif karakter yg terjadi di kelas. Percayalah kita lebih mudah mengamati karakter negatif daripada karakter positi siswa2 kita.

Pertanyaan
Ada hal yang ingin saya tanyakan mengenai 5 pintu untuk menciptakan moment spesial d antranya menghadirkan emotional ketika kita mengajar, lalu 
1.      Bagaimanakah cara kita untuk memasukkan pintu emotional trsebut ke dalam Pembelajaran kita? 
2.      Apakah hypno teaching (Pemberian sugesti positif kepada siswa) bisa menjadi salah satu caranya dan?
3.      bagaimanakah cara mengoptimalkan emotional tersebut agar kita bsa menemukan moment spesial  dalam proses belajar sebagai bhan menulis untuk kita? 
Pak Hikmat Jakarta:
Jawaban
1.      Emosional itu adalah perasaan yg bermacam-macam, dari suka maupun duka. Rahasianya pada saat kita mulai dari apersepsi dan penutup. Metode apapun akan menjadi hidup dan emotional, ketika awal dan akhirnya keren. Apalagi kita bisa menghubungkan materi ajar dengan kejadian yg dialami siswa2 kita secara personal. Saya pernah mengajar di SD kelas 2 di Sidoarjo jawa timur, ketika terjadi bencana lumpur lapindo. Saya menggunakan aperspsi ttg bencana tersebut dan beberapa siswa menangis sebab rumah keluarga mereka ada yg  terkena bencana tersebut
2.      Utk hypno teaching saya rasa bisa juga kita gunakan. Meskipun jujur saya kurang ahli dalam masalah ini..
3.      Cara optimalkan emotinal dengan refleksi diakhir pertemuan dengan menanyakan harapan setelah mendapat materi ini. Harapan ini bisa apa saja, misalnya dg bertanya kepada orgtuanya ketika pulang sekolah, atau tantangan membuat proyek2 belajar yg berkaitan dg materi.

Pertanyaan
Dalam menulis moment spesial ini apakah ada pembatasan jumlah paragraf (harus sekian paragraf) sehingga tulisan itu masuk kategori artikel?
Agus Purwadi, Ponjong.
Jawaban
Jenis tulisannya adalah artikel bebas. jadi tidak terikat dengan ketentuan artikel ilmiah. Percayalah karya tulis yg paling banyak dibaca adalah novel, karena mengandung unsur imajinasi yg memang disukai manusia. Novel adalah tulisan yg bersifat bebas.

Pertanyaan
Dalam bertugas,saya sering mendapatkan  momen spesial untuk memori jangka panjang, waktu mendapatkannya dalam pikiran banyak yang akan ditulis tetapi tidak sempat menulisnya. Pada waktu malam akan menuliskannya hilanglah kata-kata yang siang akan ditulis itu. Bagaimana solusinya?
Supyanto
Jawaban
Utk Supyanto: Lupa apa yg ditulis pada malam hari, sebenarnya adalah kita saja yg perlu latihan menulis. Ayo kita jadikan kebiasaan sehat. Insyallah nanti Allah memberi kemudahan kita menulisnya. Ingat dalam kerajinan kita menulis ada unsur kebiasaan.

Pertanyaan
1.      Bagaimana menyusun kata kata yang indah tuntut enak dan mudah dipahami oleh  pembaca. Karena terkadang susunan kalimat atau tata bahasa kurang pas. 
2.      pada kelas spesial terkadang ada yg menyenangkan dan kadang ada yang menyedihkan.  Karena ada siswa yang memiliki kelainan (ABK). Dan pada kelas spesial terkadang menambah beban pikiran guru. Pinginnya guru hasil tentunya menginginkan babus srmua.  Tapi hal tersebut tdk bisa tercapai. Bagaimana mengatasinya
Rufiatun
Jawaban
1.      Tulis aja dulu. Harus yakin tulisan kita sendiri enak dibaca. Nanti pada saat edit, barulah kita mulai belajar untuk menulis lebih dulu. Proses edit bisa juga kita minta tolong untuk dibaca oleh teman, dan meminta pendapatnya.
2.      Utk kelas inklusi, yg ada ABKnya harus ada individual education program, yaitu reduksi silabus darikurikulum reguler. Tidak boleh disamakan dg siswa reguler.

Pertanyaan
saya punya pengalaman dengan anak didik yang begitu dekat, ketika saya berulang tahun dia hadiahkan sebuah foto yang sedang bersamanya, lalu dia letakan bingkai itu di meja kerja saya. Namun hal itu membuat siswa lain cemburu. Bagaimana cara saya menyikapi hal ini? Saya Eni. R dari Banten
Jawaban
Wow momen spesial, harus berterima kasih dan harus ditulis menjadi artikel, minta siswa tersebut membaca artikel ibu. Pasti keren

Pertanyaan
ada saj guru yg tdk mau tahu inovasi pembelajaran dan tetap pada pendiriannya bahwa siswa tdk butuh hal baru dlm pembelajaran. Baginya, caranya sdh paling tepat.
Bagaimana menghadapi guru spt. itu Pak? Sedangkan kepala sekolah pun tdk mampu menegur guru tsb. Terima kasih ilmunya 
Ummi Aymeera Jatim
Jawaban
Tidak usah terlalu dipikirkan sikap guru yg tidak mau berubah. Teruslah kita tetap kreatif. Saya sering mengalami hal tsb. Saya jalan aja terus. Nanti hasilnya adalah informasi dari pihak ketiga, yaitu siswa kita. JIka ada siswa yg suka dg cara ngajar kita. Mereka tertarik dan merindukan kita, itu saja cukup buat kita utk modal bahwa kita sudah on the right track. Jangan putus asa bu Ummi.

Pertanyaan
Seandainya kita mendapatkan momen spesial yang negatif, lalu ditulis dan dikembangkan apakah tidak melukai perasaan siswa. Rusmin Kalsel.
Jawaban
Utk Rusmi Kalsel: Momen negatif biasanya lebih banyak memunculkan pembelajaran buat kita. Masih ingat ada kata-kata orang bijak: JANGAN TAKUT SALAH, SEBAB ITULAH JALAN UNTUK MENDAPATKAN KEBENARAN. Bahkan momen negatif lebih memeri muatan emosional yg lebih kuat. Hanya saja kejadian dan nama gunakan inisial saja.

Pertanyaan
pada saat mengajar dari pendahuluan sampai penutup, di saat dilakukan pembelajaran jarak jauh, bgmn cara mencari ato merekam momen spesial pd siswa, krn kita tdk secara langs bertatap muka, mhn penjelasan, terima kasih. Apa benar yg namanya monen spesial itu misalnya Bapak memberi materi ini melalui video yg sy lht terlebih dahulu adalah Bapak seorang yg santai rileks dan berwibawa melihat dr foto,apakah itu yg namanya momen spesial?. Mudafiatun Lumajang
Jawaban
Susah mendapatkan spesial momen dg pembelajran online. Yg bisa dilakukan adalah membaca feedback yg diberikan dari guru kepada siswanya. Sayang sekali, banyak guru dalam belajar online dg siswanya malah banyak memberi tugas, bukan meminta feedback dari siswanya. Saya orangnya santai ibu. Kalau tidak percaya tanya Om Jay 

Pertanyaan
Ketika kita dapat moment special dalam mengajar, bagaimana kita mengembangkan ide tersebut agar yang awalnya satu baris menjadi satu halaman? Ini merupakan kelemahan saya dalam menulis, mohon tips nya dari bapak! . Mausul
Jawaban
Dari sebuah kalimat momen spesial, bisa dapat dikembangkan menjadi beberap aparagraf. Banyak cara. Kalau saya saya mulai dengan identifikasi masalahnya apa. Cari tahu penyebabnya apa. Cari tahu ttg dampak jika masalah tidak selesai. Hikmah kejadian itu apa. Nah silahkan mencoba.


Resume Belajar Menulis Online Gel 7
Bersama Bapak Munif Chatib
3 April 2020


Penulis: Grefer E. D. Pollo, dari  SDH Kupang Prov. NTT, Blog: halobelajarsesuatu.blogspot.com, Email: greferedominggu.pollo@gmail.com, IG: ged.pollo

0 comments:

Post a Comment