Monday, November 16, 2020

Mari Obati Lukamu

 

mengobati masa lalu - air mata

                                                                                                      gambar: emotionallyresilientliving.com

oleh: Grefer E. D. Pollo, S.P., M.Pd


Setiap orang memiliki masa lalu dengan berbagai ragam dan ceritanya. Tetapi, tidak jarang masa lalu tersebut merupakan cerita yang menyakitkan dan tidak ingin diingat kembali. 


Sayangnya, cerita-cerita itu seperti mengikuti dan mewarnai masa kini seseorang. Saya pernah mendengar seorang perempuan, seoarang kontestan pada sebuah kontest besar dunia pada saat grand fimal kontes tersebut dia ditanya apa yang akan kamu lakukan jika kamu punya kesempatan untukkembali kepada masa lalumu?


Kontestan ini mengucapkan sebuah kalimat yang mungkin tidak akan diucapkan oleh banyak orang. Dia berkata bahwa jika dia punya kesempatan untuk kembali kepada masa lalunya maka dia tidak akan mengubah apa-apa dari masa lalunya itu.


Mengapa?

Dia memberikan alasannya bahwa dari masa lalunya itu maka dia ada di panggung ini sekarang.


Dalam realita hidup kita sekarang, sering kita berada pada situasi yang tidak menyenangkan atau menderita dan cukup sering itu ada kaitanya dengan masa lalu kita.

Apa yang mungkin sedang terjadi?


Seperti seorang dokter yang sedang mengobati seorang pasien yang mengalami sebuah luka. Dokter itu akan mengorek luka itu untuk membersihkan dari kotoran atau nanah yang mungkin tersimpan dalam luka itu baru setelah itu, dokter tersebut akan menaruh obat untuk menyembuhkannya.


Demikian juga dengan masa lalu kita. Terkadang kita di bawah oleh Tuhan kepada situasi yang ada kaitannya dengan masa lalu kita itu untuk memulihkan hidup dan hati kita.


Tetap pandang ke depan, jadilah setia, serta tetap percaya pada Tuhan yang sedang menuntunmu kepada masa depan yang penuh harapan.


0 comments:

Post a Comment