Wednesday, November 11, 2020

Apakah Kamu Cantik?

 


Gambar: PublicDomainPictures from Pixabay 



oleh: Grefer E. D. Pollo




Apakah kamu cantik? Jika kamu menjawab "Ya", apakah itu menurut kamu atau menurut orang lain? Apa yang mendasari keyakinan kamu itu sehingga kamu dikatakan cantik? Apakah karena wajah, penampilan, karakter, kepercayaan diri, atau apa?


Banyak perempuan berusaha untuk tampil cantik di depan orang lain. Mereka berusaha dengan berbagai macam cara mulai dari tampil apa adanya, tata rias yang mahal, perawatan tubuh yang sedemikian rupa, dan sebagainya.


Tetapi, sebenarnya cantik itu apa?


Beberapa tahun lalu Fragrance Direct, sebuah perusahaan ritel parfum dan kosmetik melakukan untuk mendefinisikan apa itu cantik. Survei ini melibatkan 1820 responden. 

Salah satu caranya adalah para respinden diminta untuk memilih aktris mana yang mereka anggap cantik. Dari hasil yang didapatkan persentase sebanyak 14,1% didapatkan oleh Angelina Jolie sehingga menempatkan dia pada posisi pertama. Kemudian, Jennifer Aniston dengan persentase 11,1%. Kedua aktris ini secara usia tidak semuda beberapa aktris lain seperti Emma Watson dan Selena Gomez.



Pada survei ini juga didapatkan bahwa 67,5% responden setuju penampilan secara keseluruhan itu sangat penting. Sedangkan, responden yang setuju bahwa terlihat lebih menarik itu dipengaruhi oleh rasa percaya diri disampaikan oleh 83,1% responden. 


Responden lain berkata bahwa rasa percaya diri dan kebahagiaan dalam diri seseorang akan memancarkan kecantikannya sehingga bahkan orang yang dikatakan biasa saja akan terlihat cantik. Demikian sebaliknya. 

Mereka percaya bahwa kecantikan adalah apa yang orang lain lihat pada kita sedang kita sendiri tidak melihatnya. 

Di samping itu juga kebanyakan dari responden percaya bahwa tata riasan yang natural akan membuat mereka tampil lebih cantik dari pada dengan tata rias yang glamor dan tebal. 

Sumber: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-2732396/ini-definisi-cantik-sesungguhnya-menurut-survei


Kontes kecantikan ratu sejagad tahun 2019 (Miss Universe) menetapkan juaranya kepada kontestan asal Afrika Selatan bernama Zozibini Tunzi. Keputusan ini kembali mengubah dan mempertegas arti kecantikan yang hakiki. Setiap perempuan itu cantik dan dapat  menjadi cantik tanpa mempersoalkan warna kulit dan rambut. 


Zozibini pun berucap: "“Semoga setiap gadis kecil yang menyaksikan momen ini selamanya percaya pada kekuatan mimpinya dan semoga mereka melihat wajah mereka terpantul di wajahku. Aku dengan bangga menyebutkan namaku Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019!” tulis Zozibini"

Sumber: https://www.jawapos.com/entertainment/10/12/2019/ketika-zozibini-tunzi-bangkitkan-makna-kecantikan-seutuhnya/


Rolene Strauss asal Afrika Selatan, Miss World tahun 2014 mengatakan bahwa jika kamu ingin terlihat cantik, maka jadilah diri sendiri dan tidak harus berusaha menjadi sempurna menurut orang lain. 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150216190504-277-32574/simpelnya-makna-cantik-menurut-miss-world


Whulandari adalah Putri Indonesia tahun 2013. Menurut dia, setiap perempuan dilahirkan dengan kecantikan yang berbeda jadi tak perlu membandingkan diri dengan yang lain.


baca juga: https://halobelajarsesuatu.blogspot.com/2020/11/ceritaku.html


Sangat penting memperhatikan Inner Beauty yang ada dalam diri tiap perempaun. Inner beauty itu akan muncul saat seorang perempuan bersyukur dan menerima dirinya apa adanya dan merasa nyaman dengan itu. 

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/400084/arti-cantik-menurut-whulandari


Bagaimana pendapatmu mengenai cantik itu?

Apakah kamu yakin bahwa kamu cantik?

Jadilah dirimu seperti apa yang Tuhan inginkan dan telah percayakan dalammu dan syukurilah itu!


0 comments:

Post a Comment