Wednesday, November 25, 2020

,

Professional Development Reflection

 

professional development

Professional Development (PD) oleh PDCE team telah dilakukan di Sekolah Lentera Harapan (SLH) Kupang 
pada tanggal  23 – 24 Oktober 2014. 
Ini adalah PD yang pertama oleh PDCE team di SLH Kupang.


Materi yang dibagikan berfokus kepada theology of work (calling, liturgy, ethics). Materi tersebut sangat tepat, sesuai dengan pergumulan mendasar dari guru dan staf.


Bagi saya pribadi PD ini sangat memberkati. 


Selain meneguhkan nilai-nilai kerja dan ibadah (segala sesuatu dari Tuhan dan untuk Tuhan, hidup kita adalah ibadah di hadapan Tuhan, membangun komunikasi yang efektif dengan rekan sekerja, dll ) yang sudah pernah saya terima dari Tuhan (melalui perenungan pribadi) maupun melalui orang lain dan gereja Tuhan tetapi juga mendapatkan beberapa hal baru seperti liturgi dalam kerja dan 3 C (command, consequence, and sharacter).


Ibadah = hidup = kerja = liturgi di hadapan Tuhan.


Elharp choir



Hal baru yang lain yang saya dapatkan adalah mengerjakan sesuatu menurut prinsip 3 C. Bahwa kita bekerja karena ada perintah (perintah tertinggi adalah ketetapan/aturan Tuhan). 

Setiap perintah berimplikasi konsekuensi (konsekuensi yang benar adalah kemuliaan Tuhan), dan konsekuensi itu menghasilkan pembentukan karakter (jika konsekuensi untuk kemuliaan Tuhan maka akan membentuk karakter ilahi dalam diri kita).


chapel siswa SLH Kupang



Kendala/tantangan yang sering dihadapi adalah berbagai pergumulan kerja, perencanaan yang belum terlaksana, hal-hal/masalah baru yang tiba-tiba datang dan harus segera diselesaikan,  dan relasi di antara guru dan staf/karyawan, tanggung jawab kerja kepada dinas dan yayasan, keluarga, pelayanan (gereja), menyelaraskan waktu di pekerjaan, pelayanan (gereja), dan keluarga, semua ini berlangsung dalam waktu yang hampir bersamaan (kadang terkesan tumpang tindih) sehingga harus segera mengambil keputusan yang bijak dan tepat. 


Dalam kondisi seperti ini waktu jedah (waktu tenang pribadi) untuk memastikan prinsip 3 C terpenuhi adalah sangat penting dan juga cukup sulit. Ada baiknya, 3 C ini menjadi pola/sistem dan gaya hidup/kepemimpinan saya.


Saya termotivasi untuk membangun prinsip dan nilai kerja menurut 3 C ini. Sebab, menurut saya, gagasan ini efektif untuk menuntun, mengevaluasi, dan merefleksikan kerja (calling, liturgy, ethics) saya hanya bagi kemuliaan Tuhan Yesus.




Terima kasih untuk Tuhan Yesus.

Terima kasih PDCE team.

 

                                                                                                                            Kupang, 29 Oktober 2014

                                                                                                                                Grefer E.D. Pollo

                                                                                                                                SLH Kupang senior/principal

1 comment: