Thursday, April 30, 2020

Menembus penerbit nasional (Gramedia)


menembus penerbit nasional
 Kerinduan yang mendalam dari seorang penulis buku yang benar-benar fokus dengan karya-karya tulisnya adalah menembus penerbit nasional, dan banyak penulis berada di area ini, namun belum semua mencapainya.

Kuliah online via WA siang ini, Kamis, 30 April 2020, pukul 13.00-15.00 WIB yang di-manage oleh Bapak Wijaya Kusumah, yang akrba disapa Omjay, mengundang Bapak Amir Faisal. Beliau adalah seorang trainer, Business Inspirator. Pak Amir juga adalah praktisi bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry.  Segudang pengalaman berkarya dalam jenjang nasional dan internasional beliau sudah raih. Kualitas prestasinya bisa dibuktikan dengan telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, Dosen,  Guru, Wakil Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa.

Pak Amir memulai kuliahnya dengan mengajak peserta belajar menulis online via WA untuk menonton video rekaman materinya di https://www.youtube.com/watch?v=-VRlzTu_O4M&feature=youtu.be. Video yang berdurasi 15.15 menit ini memuat pengantar inti materi dari apa yang akan beliau sampaikan nanti dan yang diharapkan dipahami oleh peserta sehingga sesi tanya jawab nanti akan lebih dinamis. Dalam video tersebut, Pak Amir bercerita bahwa beliau bukanlah orang yang berlatar belakang pendidikan, penulis, atau yang sejenisnya. Tetapi, sesuatu terjadi dalam hidup beliau sehingga akhirnya dapat menghasilkan sebuah buku yang dapat menembus pasar buku melalui penerbit nasional Gramedia bahkan menjadi best seller, dan perlu diketahui bahwa sampai saat ini, Negara Indonesia hanya memiliki satu penerbit nasional, yakni Gramedia. Menerbitkan buku melalui penerbit Gramedia artinya telah menjangkau seluruh Indonesia. Dengan demikian, meski sejelek-jeleknya buku yang seorang penulis tawarkan kepada penerbit Gramedia, lalu diterima dan diterbitkan di Gramedia, buku tersebut akan dapat bertahan selama 6 bulan di outlet-outlet took buku Gramedia. Artinya, buku tersebut masih akan terus dipajang selama waktu-waktu itu. Namun, jsetelah ika 6 bulan buku tidak disirkulasi maka akan didrop.

Personal branding
Melalui personal branding, yakni suatu cara memasarkan diri ataupun image diri secara individu, dalam hal ini buku karangan sendiri, akan sangat mudah, karena setiap orang adalah pribadi yag unik, demikian pula seorang penulis. Berdasarkan identitas diri yang unik itu, setiap penulis akan dapat membangun brand-nya secara utuh sehingga bergaung di kalangan pasar yang akan ditargetkan. Langkah pasar ini, sangat bermanfaat. Seorang personal branding bisa menjadi penulis sehingga bisa dikenal oleh 10 ribu, 100 ribu 100 juta orang dengan cara menulis buku yang diterbitkan oleh penerbit nasional. Lewat cara ini mereka dan buku mereka bisa dikenal di seluruh Indonesia.

Bisnis dan Genre
Gramedia adalah koorporasi bisnis, artinya, orientasinya adalah pasar. Dengan demikian, penulis harus paham betul bahwa buku yang ditawarkan untuk diterbitkan di Gramedia harus dapat menembus pasar, harus dapat terjual, harus laku.  Gramedia mencari buku yang disukai oleh pasar. Karena itu, sebelum menulis, seorang penulis buku perlu membuat riset buku apa yang disukai pasar.

Untuk maksud ini, akan sangat membantu jika penulis tersebut mengetahui genre tulisannya. Apa gaya dan ritme menulisnya. Penulis harus tahu passion-nya. Misalnya, apakah si penulis menyukai buku cerita anak, novel, dan sebagainya. Jika telaha memahami hal itu, langkah berikut adalah mencari di gramedia buku-buku yang sesuai dengan genre penulis. Dari langkah ini, penulis akan menemukan gaya tulisan yang selama ini diterima oleh pasar buku, oleh para pembaca buku melalui Gramedia.
Biasanya Gramedia membagikan kuisioner di toko Gramedia untuk mengetahui buku-buku yang laris dan yang ingin dibaca oleh para pecinta buku. Berdasarkan hasil kuisioner yang sudah diolah itu,  mereka akan meminta penulis untuk menulis buku-buku seperti itu. Buku yang paling laris di Gramedia adalah novel. Selanjutnya yang bertemakan tentang travelling. Apalagi jika kedua tema itu digabung. Menyusul buku-buku komik. Komik sangat disukai oleh anak dan remaja. Artinya, pasar ini sangat luas karena jumlah anak dan remaja yang sangat banyak. Karena itu, jika seorang penulis berkolaborasi dengan seorang pelukis maka akan sangat baik dan menghasilkan karya yang menembus pasar. Posisi keempat buku terlaris adalah buku motivasi, dan kelima adalah marketing.

Materi yang sangat baik dan padat ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk lebih memperkaya pengetahuan peserta dan menjawab kebutuhan peserta. Berikut beberapa petikannya.

Pertanyaan
Bagaimana cara bapak bisa menulis dan percaya diri kalau buku bapak akan laku?
Anto. Banjarmasin
Jawaban
Jawabannya nanti ada di Video yang kedua.
Tetapi ada sedikit tambahan cerita,  yang di Youtube 1 tadi, yaitu tadinya saya hanya mentraining anak sekolah dan mhsw. Saya membuat tantangan untuk mentraining guru.
Ini gila, Tidak tahu ilmu pendidikan berani mentraining guru?
Maka saya belajar buku2 pendidikan mutakhir dari BobbiDePorter, Barbara Prashnig,  buku2 psikologi dr Daniel Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong dan ikut Trainingnya pak Munib Khatib, sekolahnya manusia.
Intinya tentukan dulu visi / dream Anda, kenapa ingin jadi penulis. Lalu hadapi tantangan-tantangannya dengan gagah berani

Pertanyaan
jika menulis buku hanya sampai 150 halaman apa bs diterbitkan melalui gramedia? Adi Prastiyanto.
Jawaban
Yang penting adalah kualitas tulisan,  genre Anda dan buku itu disukai pasat atau tidak?

Pertanyaan
Pak Amir Faisal, saya ingin bertanya  untuk mengirimkan naskah Buku ke penerbit termasuk Gramedia apakah yang dikirimkan full naskah ataukah hanya beberapa bab. Karena ada kekhawatiran  jika dikirim full naskah sedangkan naskah tidak diterima untuk diterbitkan naskah tersebut tidak dikembalikan atau di gunakan atas nama orang lain....mohon penjelasan dan sharing pengalamannya. Terima kasih. Abdul Majid, Sidoarjo
Jawaban
Sejak awal menulis hingga sekarang,  saya kirimkan full naskah

Pertanyaan
Salam
Buku diterbitkan gramedia yg notabene penerbit besar adalah dambaan byk orang. Sbg penulis pemula, mungkinkah buku saya diterbitkan gramedia? Bagaimanakah trik agar buku kita dilirik penerbit besar? Terima kasih.
Isminatun, Sukoharjo
Jawaban
Justru ini kita perlu belajar Hypnowriting (Insya Allah nanti ada 4 seri lagi)
Jawaban sama seperti jawaban 2.
Tambahan :
-          temanya Ilpop
-          Tidak banyak teori. Semakin banyak hal-hal praktis semakin baik
-          Menarik perhatian banyak orang

Pertanyaan
Mau nanya ke trainer Amir Faisal. Apa ada ketentuan khusus di Gramedia yg tdk dimiliki oleh penerbit lain? Trus, bagaimana triknya agar naskah kita bisa langsung tembus k Gramedia? Terima kasih.
Sitti Zuhraeni, di Bantaeng Sulsel
Jawaban

Pertanyaan
Asslm, pak Amir, saya Syukri dari Padang mau tanya, " dari uraian bpk saya dapat simpulkan bhw bpk seorang Autodidak tulen, dg latar belakang org lapangan( mandor), bisa jd penulis buku best Seller, dipenerbit  Mayor, yg mau sy tanyakan berapa lama buku pertama proses pembuatannya dan bagaimana kajian pustakanya, karena bpk bukan seorang pendidik. (unik)

Jawaban
Buku pertama saya selesai sekitar setahun. Kedua sekitar 6 bulan.
Kalau sekarang bisa 2 bulan.
Kajian pustaka itu sifatnya hanya penguatan. Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan, gagasan Anda sendiri

Pertanyaan
Mat sore Pa Amir, jika buku sudah diterbitkan gramedia group dan selama 6 bulan buku tersebut kurang diminati pasar. Bagaimana konsekuensi bagi penulis dan pihak penerbit? Apa pengaruhnya bagi penulis? Bagaimana penulis mengatasinya agar bisa keluar dari situasi ini. Trims. Benny Belang. Kupang-NTT.
Jawaban
Mudah-mudahan tidak terjadi.
Makanya Anda juga harus gigih ikut marketing lewat medsos. Kasih pelatihan gratis. Bagi buku-bukunya pada key person / influencer dsb

Pertanyaan
Sy Sri Sulastri dr SMKN 2 Bojonegoro jatim. Sy sdh pernah mengajukan penulisan buku ke slah 1 penerbit mhon maaf bukan Gramedia. Dn sy lihat kita hrus mngikuti sesuai pedoman atau acuan yg SDH mreka buat. Apakah SM dgn Gramedia? Sdh ada langkah2 yg hrus di ikuti oleh penulis. Itu yg pertma, langkah apa supaya mudah unk masuk di penerbit besar (Gramedia)?
Jawaban
Semua penerbit saya kira punya kriteria masing-masing.
Untuk Gramedia tadi sudah saya jawab di jawaban 2 dan 6

Pertanyaan
Nama saya Astuti, dari Yogyakarta. Saya pernah beberapa kali menulis artikel yang juga dimuat dalam beberapa buku saat teduh bagi umat kristiani. tapi saya belum pernah menulis sebuah buku. Bagaimana cara pendekatan ke penerbit? apakah buku jadi dulu atau kita menawarkan diri dulu?
Jawaban
Kalau sudah jadi buku,  Ibu

Pertanyaan
Selamat Pak Amir, saya grefer dari kupang-NTT, terima kasih untuk sarannya agar buku bisa masuk ke gramedia. Saya tertarik untuk menulis novel. Menurut bapak, mungkinkah novel yang digabungkan dengan motivasi bisa menembus pasar buku di Indonesia? dan, bagusnya, novel yang laris di pasar itu tebalnya berapa halaman? Terima kasih.
Jawaban
Itu yang laris.
Novel Motivasi
Sebaiknya Anda baca-baca Novel terbitan Gramedia atau patner,  disana bisa dipelajari.
Kemudian Anda beli beberapa yang genre nya cocok dengan Anda

Pertanyaan
Assalamualaikum. Pak Amir, tadi dikatakan tidak memiliki basic menulis, lantas namun setelah menulis bukunya bisa jadi buku best seller, butuh waktu berapa lama menulis buku tersebut? "Menyiapkan anak jadi juara"  isi buku ini terinspirasi oleh apa??
Jawaban
1.      Ketika saya memberikan Motivasi pada anak-anak sekolah, saya merasa ada sesuatu yang salah. Seharusnya Motivator anak-anak ya Gurunya sendiri. Apalah artinya kehadiran diri saya yang hanya 4 - 5 jam,  dibanding para guru yang membimbing selama 3 tahun
2.      Saya membandingkan kedua anak saya,  yang kebetulan yang satu di SMP favorit dan lainnya di SMA runner up

Pertanyaan
Mau tanya
Bagaimana tulisan yg ditulis di blog itu mudah diakses di Google, atau jadi trending topic di laman atas mesin searching Google?
Terima kasih
Said Wahid
Mojokerto Jawa Timur
Jawaban
Pakai SEO pak

Pertanyaan
Pak Amir Faisal...
Langkah-langkah stategis apa yang bapak lakukan saat membangun personal branding? padahal awalnya bapak berprofesi bukan seorang penulis. Terima kasih.
Pak Etik Nurinto
Kabupaten Pemalang
Jawaban
Dengan
  1. Menulis buku di penerbit nasional
  2. Akktif menjadi narasumber. Kalau perlu gratiskan
  3. Melalui  Medsos : -Punya website dan aktif menulis artikel, FP,  IG dsb

Pertanyaan
Pak Amir Faisal yang budiman..
Luar biasa, ini yang saya tunggu-tunggu sejak lama, Pak. Materi tentang Penerbit Gramedia. Saya hobi menulis novel walau baru 1 buku novel saya (260 halaman A5) yang saya rampungkan dan sudah jadi buku. Isinya memadukan romantisme, nasihat, dan status sosial. Saya ingin novel saya ini diterbitkan kembali di Gramedia, Bagaimana caranya, Pak? Di belakangnya masih ada dua lagi dalam masa perampungan. Terima kasih.
Hamdani - Kepri
Jawaban
Bapak hubungi saja Gramedia di Kepri,  kemudian minta No kontak penerbit salah satu penerbit di Gramedia group

Pertanyaan
saya memiliki hasil penelitian ttg studi tokoh,ingin dijadikan buku sampe bisa diterima oleh penerbit nasional. bgmn tips2 nya?dan ttg tokoh kira2 penerbit apa yg berminat menerbitkan? sy Ujang dr bekasi pak
Jawaban
Tergantung tokoh-tokohnya siapa Pak? Dibidang apa?
Sebaiknya dichek di Gramedia Matraman sudah ada belum yang serupa?

Pertanyaan
Selamat siang pak, berdasarkan pendapat pak amir, karya original lbh disukai, itu artinya kita bisa berargumen atau menulis sesuai dengan apa yang ada dalam ide/pikiran kita berdasarkan pengalaman ya, terima kasih.
Semisal kita ingin menulis ttg keadaan sekarang dalam suasana covid yang menyangkut segala permasalahan dalam pembelajaran daring, serta solusinya, krn saat ini di lapangan ada permasalahan yg dihadapi siswa, orang tua siswa dalam pembelajaran daring.
saya ibu dayu sastrika dari bali
Jawaban
Bagus itu Ibu,  tetapi kalau bisa settingnya umum.
Jangan hanya segmen sekolah / lembaga pendidikan saja, tetapi umum

Pertanyaan
Cara mengikat dan menjaring ide u judul buku supaya laris manis bagaimana ya?  Saya sering ke toko buku gramedia dan banyak buku yg laris dan ada juga buku yg diobral (tidak laris). Heri Yudianto.
Jawaban
Buku yang diobral :
1. Terbitan lama
2. Tidak laku-laku
3. Isunya sudah lama
Silahkan ikuti terus pembelajaran Hypnowriting ini sampai Youtube ke 5 Insya Allah akan banyak membantu menginspirasi

Pertanyaan
Menanya tuk pak Amir=
Pernahkan Bapak mengalami kendala dalam menulis dan menerbitkan buku? Mengingat latar belakang Bapak bukan penulis. Tantangan apa yang menjad motivasi Bapak?
(Ary Yogya)
Jawaban
Kendala banyak Pak.
Saya ada dua buku yang hingga kini tidak diterbitkan. Tetapi saya jadikan sebagai identifikasi masalah

Pertanyaan
Slmt siang pak, bagaimana bapak membangun konsistensi menulis? Yulius Roma-Tator
Jawaban
Kuncinya pada passion of life Pak.

Pertanyaan
Pak Amir. Saya salut pengalaman bapak sebagai pengusaha sampai jadi konsultan dan akhirnya bisa menulis buku dgn judul Buku seorang Mandor Proyek. Bagaimana trik bapak sehingga bisa berubah dari pengusaha menjadi penulis di Gramedia.
Muh. Said Makassar.
Jawaban
Hati saya sudah tidak bahagia lagi hidup sebagai kontraktor. Kemudian menemukan Life Cycle saya

Pertanyaan
Saya dwi dari gunungkidul. Tanya. Saya niasanya menulis buku teknik, utk dapat membus penerbit harus 80 % tidak plagiat. Padahal utk teori teknik kan sudah pakem dan biasanya hanya copy paste dari buku2 yg sudah ada. Utk menghindari plagiat bagaimana caranya?
Jawaban
Cari expertise dan specialties. Kalau perlu uniquenya





Resume Belajar Menulis Online Gel 7
Bersama Bapak Amir Faisal
30 April 2020


Penulis: Grefer E. D. Pollo, dari  SDH Kupang Prov. NTT, Blog: halobelajarsesuatu.blogspot.com, Email: greferedominggu.pollo@gmail.com, IG: ged.pollo

14 comments: